Begini 7 Tren Warna Desain Interior Rumah untuk 2021


 BEGINI.ID - Pandemi memaksa banyak orang untuk tetap tinggal di rumah dan melakukan berbagai hal dari rumah. Tak sedikit yang menata ulang rumahnya agar menjadi tempat yang nyaman untuk beraktivitas.  Hal tersebut memengaruhi tren desain interior. Pantone Color Institute mengungkapkan, warna kuning cerah dan abu-abu akan menjadi tren di tahun mendatang. Kedua warna tersebut dianggap dapat memberikan 'dasar yang kokoh'. "Kedua warna ini praktis dan kokoh. 

Namun di sisi lain juga merupakan warna yang melambangkan kehangatan dan optimisme." Demikian yang diungkap Leatrice Eiseman, direktur eksekutif Pantone Color Institute kepada South China Morning Post. Dirinya menambahkan, kuning dan abu-abu merupakan kombinasi warna yang memberi ketahanan serta harapan.  Pemilihan tersebut cocok apabila disandingkan dengan situasi yang terjadi di tahun 2020. 

Banyak orang yang berusaha bertahan di tengah kondisi pandemi yang sulit. Selain itu, tak sedikit yang berharap tahun 2021 akan menjadi lebih baik. Kendati demikian, kombinasi warna kuning dan abu-abu untuk desain interior rumah benar-benar harus diperhatikan. 

Berikut ulasannya menurut para ahli. 

1. Pembatasan warna 

John McLennan, dari toko perabotan rumah tangga Indigo Living mengungkapkan, sebagian besar warna abu-abu biasanya digunakan dalam desain interior yang lembut. Sedangkan warna kuning biasanya rumit untuk ditata di dalam ruangan. Namun tetap ada trik guna menyiasati hal ini. "Saya pikir kombinasi warna kuning dan abu-abu bisa diubah menjadi suatu keajaiban. Tapi siapa pun yang mengikuti tren ini, perlu membatasi warna kuning," kata McLennan. Menurut dia, sebaiknya warna kuning dimainkan sebagai aksen pada satu bagian. Misalnya, pada bantal atau potongan keramik yang unik. Lihat Foto Padu padan warna abu-abu dan putih Hara House karya Dendy Darman(www.arsitag.com) 

2. Pilih warna primer 

Amelia Koo, desainer interior utama di Hmlet memiliki pendapatnya sendiri. Baginya, beberapa aksen cerah dengan warna kuning akan mencerahkan suasana hati. Hal ini sangat berguna, terutama bagi mereka yang masih bekerja dari rumah dan membutuhkan perubahan suasana. Apabila ingin menggunakan warna kuning, cobalah mempertahankan satu warna primer pada palet hitam, putih, dan abu-abu. "Covid-19 membuat desain interior dipandang dengan cara berbeda. Konsumen lebih fokus pada fungsi ruang daripada sekadar estetika,” ujar Koo. 

3. Perabot multifungsi 

Banyak orang yang kini menganut gaya hidup minimalis. Mereka juga ingin menciptakan kantor di rumah. Oleh karenanya, carilah sudut di dalam rumah yang dapat menampung meja kecil untuk bekerja. Atau bisa juga menjadikan satu ruangan memiliki dua fungsi.  Menurut Koo, adanya keinginan ini menjadikan perabot rumah tangga dengan banyak ruang penyimpanan menjadi solusi yang populer. Pilihlah perabotan yang berbahan kulit atau memiliki sentuhan akhir metalik. Jenis perabotan ini dapat memberikan kesan mewah dan berkelas walau minimalis.  

4. Perabotan kayu 

Selain perabotan multifungsi, Koo juga memperkirakan kayu akan tetap menjadi tren. Perabotan dari kayu jati, elm, dan oak dapat menjadi pilihan. Koo melihat, setelah satu tahun menghadapi pandemi, perabotan dari bahan seperti rotan telah menjadi tren. Sebab perabotan tersebut membangkitkan kenangan masa kecil.  

5. Bilik kerja 

Keith Chan Shing-hin dari perusahaan desain hunian dan furnitur Hintegro, berpikir akan ada lebih banyak renovasi rumah pada tahun 2021. Alasannya karena orang menyesuaikan penataan tempat tinggal dengan suasana baru. Dia yakin pengalaman bekerja dari rumah memberikan perubahan. Chan menyarankan untuk membuat bilik kerja. Sediakan ruang yang cukup guna menaruh meja, kursi, dan laptop. Cat dinding di belakang bilik kerja dengan warna putih.  "Warna putih dibutuhkan mengingat saat ini banyak panggilan Zoom dalam lingkungan profesional," kata Chan. 

6. Kebutuhan psikologis 

Tak hanya itu, kebutuhan psikologis juga harus diperhatikan. Tinggal di rumah selama 24 jam tak bisa dipungkiri bisa menyebabkan stres. Chan memberi saran untuk mengecat dinding warna hijau di area balkon. Cara ini mendorong seseorang untuk istirahat dan keluar sebentar dari rutinitas. Bisa juga memanfaatkan tanaman dalam pot yang memperbaiki lingkungan dalam ruangan.  

7. Kebersihan 

Masalah kebersihan juga menjadi fokus desain interior untuk tahun depan. Banyak permintaan untuk perabotan yang dilapisi dengan permukaan antimikroba seperti meja dapur kuarsa dan laminasi plastik Formica. Ada juga yang meminta gagang pintu dan gagang kabinet dari tembaga. Sebab studi ilmiah menunjukkan embaga dapat membunuh virus corona.


Lebih baru Lebih lama