Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mau Rambut Hasil Catokan Tahan Seharian? Yuk, Ikuti 7 Tips Berikut Ini!

 Mau Rambut Hasil Catokan Tahan Seharian? Yuk, Ikuti 7 Tips Berikut Ini!

BEGINI.ID - Sama seperti menggunakan makeup, bagi beberapa wanita mencatok rambut merupakan rutinitas yang biasa dilakukan setiap hari, untuk mempercantik penampilan, dan membuat kita lebih percaya diri dengan model rambut yang sudah kita tata. 

Permasalahan yang paling sering dijumpai ketika mencatok rambut adalah rambut hasil catokan yang tidak tahan lama apalagi kalau dibuat beraktivitas seharian. Nah, buat kamu yang mau hasil catokan rambut tahan seharian, Beautynesia punya tips sederhana yang bisa kamu ikuti, Ladies.

1. Pastikan Rambut Tidak Lepek

Pastikan Rambut Tidak Lepek
Pastikan rambut tidak lepek/Foto : freepik.com

Rambut yang lepek dan berminyak ketika dicatok hasilnya tidak akan maksimal dan tidak tahan lama. Minyak rambut yang terkena panas dari catokan juga nantinya akan merusak kesehatan rambut kamu, jadi pastikan rambut kamu tidak lepek dan sudah bersih sebelum dicatok.

Kamu bisa keramas terlebih dahulu dan menggunakan sampo yang melembapkan. Kalau kamu terburu-buru, penggunaan dry shampoo juga bisa tapi jangan lupa gunakan hair oil sebelum mencatok rambut. 

2. Hindari Keramas dengan Air Hangat

Hindari Keramas dengan Air Hangat
Hindari keramas dengan air hangat/Foto : freepik.com

Menggunakan air hangat saat keramas bisa membuat rambut menjadi mudah lepek, kering, dan kusut. Disarankan ketika keramas untuk menggunakan air dingin saja supaya ketika dikeringkan, rambut tidak mudah kusut dan lepek. 

Setelah keramas pastikan keadaan rambut kamu benar-benar kering dan bukan setengah kering ketika mencatok. Tidak hanya merusak rambut kamu, ketika kamu mencatok rambut dalam keadaan masih basah atau setengah kering, juga bisa merusak catokan kamu. 


3. Jangan Lewatkan Kondisioner

Jangan Lewatkan Kondisioner
Jangan lewatkan kondisioner untuk hasil catokan tahan lama/Foto : freepik.com

Jangan lewatkan pemakaian kondisioner kalau mau rambut hasil catokan kamu bisa awet seharian, Ladies. Menggunakan kondisioner setelah keramas bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur, jadi hasil catokan juga bisa lebih tahan lama dan memudahkan untuk styling rambut kamu. 

Pastikan kondisioner yang digunakan juga disesuaikan dengan kondisi rambut, untuk melembutkan, mengurangi ketombe, atau mengurangi rambut rontok. 

4. Gunakan Vitamin atau Serum Rambut

Gunakan Vitamin atau Serum Rambut
Gunakan vitamin atau serum rambut/Foto : freepik.com

Jangan sampai terlewat, pastikan kamu sudah menggunakan vitamin atau serum rambut terlebih dahulu untuk membuat rambut menjadi lebih lembap, lurus, dan menjadi mudah diatur. Selain itu, penggunaan vitamin atau serum rambut juga bisa melindungi rambut kamu dari panasnya catokan dan tidak membuat rambut mudah rusak. 

Aplikasikan vitamin atau serum rambut secukupnya dan jangan terlalu banyak. Aplikasikan sesuai dengan pemakaian produknya, apakah dari akar rambut atau bagian tengah rambut sampai ke ujung rambut. 

5. Pisahkan Rambut jadi Beberapa Bagian

Pisahkan Rambut jadi Beberapa Bagian
Pisahkan rambut jadi beberapa bagian/Foto : freepik.com

Mencatok memang butuh kesabaran dan tenaga yang ekstra karena untuk hasil yang tahan lama kita harus membagi rambut jadi beberapa bagian dan jangan membagi rambut terlalu tebal. Jika terlalu tebal ketika mencatok rambut akan sedikit sulit dan juga hasilnya tidak bertahan lama. 

Catok rambut dari bagian belakang lalu ke bagian depan dan supaya lebih mudah kamu bisa menggunakan sisir untuk membagi dan mencatok rambut.


6. Atur Catokan dengan Suhu Sedang

Atur Catokan dengan Suhu Sedang
Atur catokan dengan suhu sedang/Foto : freepik.com

Jangan terlalu panas atau terlalu rendah untuk suhu catokan yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu mengatur catokan dengan suhu yang sedang saja, selain hal itu tidak merusak rambut, mencatok dengan suhu sedang atau suhu tepat juga membuat hasil catokan lebih tahan lama. 

7. Kunci dengan Hair Spray 

Kunci dengan Hair Spray
Kunci dengan hair spray/Foto : freepik.com

Untuk rambut hasil catokan yang benar-benar tahan seharian, kamu bisa mengunci dengan menggunakan hair spray setelahnya. Aplikasikan secukupnya atau bisa kamu fokuskan ke area rambut tertentu supaya tahan lama, terutama untuk rambut model curly

www.Begini.ID