4 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love, Kamu Sudah Melakukannya?

 4 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love, Kamu Sudah Melakukannya?

BEGINI.ID - Beauties kamu pasti sudah sering mendengar istilah self love bukan? Nah sebenarnya apa sih itu self love, ya benar sekali self love yaitu usaha kita untuk menerima, menghargai, dan cinta pada diri sendiri.

Hmmm, kamu sendiri sudah menerapkan bentuk tersebut apa belum? Sebab sebelum kamu membagi cinta pada orang lain, kamu harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Namun tidak perlu khawatir ini empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mencintai diri sendiri. Simak tipsnya di bawah ini ya!

1. Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me Time

Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me Time
Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me Time/pexels.com/miriam alonso

Cara pertama meningkatkan self love pada diri sendiri yaitu, selalu menyempatkan waktu untuk me time. Meski hari-harimu selalu sibuk dengan pekerjaan, dengan tugas di kantor, atau hal lain, selalu sempatkan dirimu untuk sekedar memanjakan diri.

Kamu bisa melakukan hobi, perawatan tubuh, dan aktivitas lain yang membuatmu bahagia. Karena dengan memiliki waktu me time, kamu bisa lebih mencintai diri sendiri.

2. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Salah satu penyebab yang membuat kita sulit bahagia yaitu, kamu memiliki kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Entah itu membandingkan kebahagiaan, pencapaian yang telah diraih, materi yang didapat, posisi atau jabatan, dan lainnya.

Nah supaya kamu bisa mencintai diri sendiri berhentilah untuk melihat hidup orang lain lalu membandingkannya denganmu. Ingat semua orang punya porsinya masing-masing, jangan buat dirimu memikirkan apa hal yang nggak sepatutnya dipikirkan. 


3. Mencoba untuk Mengenali Diri Sendiri Lebih Dekat

Mencoba untuk Mengenali Diri Sendiri Lebih Dekat
Mencoba untuk Mengenali Diri Sendiri Lebih Dekat/unsplash.com/jake melara

Nggak perlu berlebihan, cara sederhana meningkatkan self love juga bisa dengan mengenali diri sendiri lebih dekat. Coba tanyakan apa keinginanmu selama ini, apa impian yang ingin kamu capai, ketakutan terbesar yang selama ini dipendam, dan kelebihan serta kekuranganmu. Kalau sudah mengenal betul bagaimana dirimu yang sebenarnya, kamu jadi lebih mudah untuk memahami diri sendiri tanpa repot melibatkan orang lain. 

4. Sempatkan Waktu untuk Pergi Liburan

tips travelling anti ribet/foto: freepik.comSempatkan Waktu untuk Pergi Liburan/foto: Freepik.com

Ngaku aja kesibukan terhadap pekerjaan, membuatmu jadi tidak punya waktu untuk sekedar pergi berlibur kan? Jadi nggak heran kalau hidupmu terasa stuck, tanpa ada kemajuan sama sekali.

Maka sebagai bentuk ritual self love pada diri sendiri, sempatkan waktumu untuk liburan ya. Pergilah ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi dan lakukan travelling atau perjalanan. Dengan demikian bisa membuat pikiran dan fisikmu jadi lebih fresh. 

Lebih baru Lebih lama