Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Trik Psikologis untuk Tingkatkan Konsentrasi dan Kreativitas, Bisa Dicoba Nih!

 Trik Psikologis untuk Tingkatkan Konsentrasi dan Kreativitas, Bisa Dicoba Nih!

BEGINI.ID - Kreativitas sering dikaitkan dengan bakat alamiah yang dimiliki seseorang. Tidak jarang, mereka yang dianggap memiliki kreativitas dinilai beruntung karena bisa memilikinya. Padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak mutlak atau sepenuhnya benar.

Dikutip dari Very Well Mind, kreativitas adalah sesuatu yang dapat dikembangkan dengan latihan dan kerja keras. Kreativitas bukanlah proses pasif. Duduk dan menunggu inspirasi tidak akan menjadi cara jitu.

Sebaliknya fokuslah mencari hal-hal yang dapat menginspirasi dan membantu memusatkan perhatian pada apa yang akan dikerjakan. Untuk itu, ada beberapa trik psikologis yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kreativitas. Simak selengkapnya di bawah ini.

Jalan-jalan

Melakukan aktivitas fisik dapat membantu kreativitas/ Foto: Freepik.com
Melakukan aktivitas fisik dapat membantu kreativitas/ Foto: Freepik.com

Tahukah kamu Beauties bahwa sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa orang cenderung lebih kreatif ketika mereka berjalan daripada ketika mereka duduk. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur berperan penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

Jadi, jika saat ini kamu sedang duduk terdiam di atas meja dan tidak menemukan ide apapun, maka cobalah untuk berjalan dan menemukan inspirasi.


Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Menggunakan strategi self reward/ Foto: Freepik.com
Menggunakan strategi self reward/ Foto: Freepik.com

Salah satu istilah yang cukup booming belakangan ini yaitu self reward. Hal ini juga berarti bahwa seseorang mencoba menghadiahi dirinya sendiri yang bertujuan untuk membangkitkan sisi positif dalam diri termasuk kreativitas.

Hal ini ternyata bukan isapan jempol semata karena penelitian telah menemukan bahwa memberi penghargaan secara eksplisit untuk menghasilkan karya kreatif dapat meningkatkan kreativitas. Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak perlu berlebihan karena segala sesuatu yang harus terukur dan jangan sampai keluar dari tujuan yang seharusnya.


Ciptakan Jarak Psikologis

Menciptakan jarak psikologis/ Foto: Freepik.com
Menciptakan jarak psikologis/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan saran yang diterima ketika mengalami hambatan kreativitas. Misalnya saja sedang merasa stuck dengan ide tertentu ketika bekerja. Seseorang kemudian menyarankan kamu untuk sejenak berhenti dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Hal ini ternyata juga didukung oleh studi yang menemukan bahwa menempatkan jarak psikologis antara diri dan masalah bisa menjadi salah satu solusi.

Para peneliti menemukan bahwa saat seseorang yang membayangkan bahwa masalah berasal dari lokasi yang jauh, mereka dapat memecahkan banyak masalah dan menghasilkan solusi yang lebih kreatif. Untuk itu apabila kamu menghadapi masalah yang sulit, cobalah untuk membayangkan Bahwa masalah tersebut jauh dan terputus dari lokasi kamu berada, Beauties.

Tempatkan Diri di Lingkungan yang Kreatif

Berada di lingkungan yang kreatif/ Foto: Freepik.com
Berada di lingkungan yang kreatif/ Foto: Freepik.com

Mihaly Csikszentmihalyi, seorang psikolog menjelaskan bahwa lingkungan berperan dalam proses kreatif. Lingkungan dapat merangsang dan memfasilitasi kreativitas. Untuk itu cobalah untuk menempatkan diri di lingkungan yang kreatif sehingga dapat memacu, menjadi sumber inspirasi dan motivasi membantu.

Cobalah menciptakan ruang yang membantu kamu merasa terinspirasi dan berenergi. Selain itu jangan lupa untuk mencari pengalaman yang dapat merangsang daya cipta dan kreativitas  kamu.

Kelilingi Diri dengan Warna Biru

Psikologi warna biru dapat meningkatkan kreativitas/ Foto: Freepik.com
Psikologi warna biru dapat meningkatkan kreativitas/ Foto: Freepik.com

Ada sesuatu hal yang cukup unik dari hasil penelitian. Lebih tepatnya perihal psikologi warna yang menunjukkan bahwa warna yang berbeda memiliki efek yang berbeda pula pada suasana hati, emosi dan perilaku. Menurut sebuah penelitian, warna biru cenderung membuat orang dapat berpikir lebih kreatif.

Mengapa demikian? Menurut peneliti, warna biru membantu mendorong seseorang untuk berpikir lebih luas. Hal tersebut dikaitkan dengan warna biru yang diasosiasikan dengan alam, ketenangan dan kedamaian sehingga ini cenderung membantu seseorang merasa aman untuk menjelajah dan berkreasi. Jadi, jika kamu sedang mencari inspirasi, cobalah untuk menggunakan warna biru di sekelilingmu dan lihat apakah hal tersebut bisa memicu munculnya ide baru yang kreatif.

www.Begini.ID