Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Waspada Terpapar Covid-19 Saat Belanja, Ini Lho Tips Grocery Shopping yang Aman!

 Waspada Terpapar Covid-19 Saat Belanja, Ini Lho Tips Grocery Shopping yang Aman!

BEGINI.ID - Beberapa negara lain termasuk Indonesia saat ini masih belum terbebas dari virus corona atau Covid-19. Karena itulah, beberapa kegiatan masyarakat masih menjadi terbatas selama masa pandemi seperti ini.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, tentu masyarakat tetap perlu mematuhi protokol kesehatan ketika berada di tempat umum. Salah satunya termasuk dalam kegiatan berbelanja. 

Nah, agar terhindar dari Covid-19, simak tips berbelanja yang aman berikut ini, Beauties!

1. Buat Daftar Belanjaan

Penting untuk membuat daftar belanjaan sebelum berbelanja, agar tidak lama berada di pasar atau supermarket.
Buat Daftar Belanjaan/ Foto: freepik.com/gpointstudio 

Salah satu tips grocery shopping yang aman saat pandemi, kamu perlu membuat daftar belanjaan terlebih dahulu sebelum berbelanja. Hal ini tentu penting lho Beauties, agar kamu tidak perlu berlama-lama berada di supermarket atau pasar tradisional.

Lihatlah ke dapur dan isi kulkas, lalu cek barang apa saja yang telah abis. Setelah itu, catatlah barang-barang yang perlu dibeli untuk stok 1-2 minggu, agar kamu tidak perlu sering keluar. Akan lebih baik jika kamu membuat catatan belanjaan di kertas, sehingga bisa langsung membuangnya setelah itu. Namun, jika kamu biasa membuat catatan di ponsel, tidak masalah juga kok!

2. Pakai Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Penting saat berbelanja memakai masker dan membawa hand sanitizer.
Pakai Masker dan Bawa Hand Sanitizer/ Foto: pexels.com/Anna Shvets

Selanjutnya, jangan lupa memakai masker dengan baik dan membawa hand sanitizer saat berbelanja. Pastikan kamu memakai masker dengan cara yang benar dan nyaman, pastikan bagian hidung sampai dagu tertutup semua. 

3. Pergi Berbelanja Saat Sepi

Agar dapat terhindar dari resiko virus corona, maka sebaiknya pergi berbelanja saat sepi.
Pergi Berbelanja Saat Sepi/ Foto: pexels.com/Laura James

Salah satu tips aman berbelanja saat pandemi, kamu pun perlu menghindari belanja di saat jam-jam sibuk. Karena itu, pergilah berbelanja saat kondisi lebih sepi.

Jika berbelanja di supermarket, kamu bisa mencoba pergi di pagi hari saat supermarket baru dibuka ataupun di malam hari menjelang tutup. Sementara itu, tetaplah menghindari tempat yang ramai, jangan menyentuh barang yang tidak perlu, dan menjaga jarak dengan orang lain.

4. Gunakan Pembayaran Nontunai

Pilihlah pembayaran nontunai saat berbelanja di masa pandemi.
Gunakan Pembayaran Nontunai/ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska 

Bagi kamu yang berbelanja di supermarket, kamu bisa menggunakan pembayaran nontunai seperti halnya kartu debit dan lainnya. Hal ini tentu lebih aman, karena dapat menghindarimu dari menyentuh uang yang telah banyak disentuh orang.

Namun jangan lupa untuk membersihkan kartu yang telah digunakan dengan cairan disinfektan. Sementara itu, bagi kamu yang ingin tetap menggunakan uang tunai, jangan lupa juga mencuci tangan setelah melakukan transaksi ya!


5. Cuci Tangan dan Bersihkan Barang Belanjaan

Setelah pulang berbelanja, segera cuci tangan dan bersihkan barang belanjaan.
Cuci Tangan dan Bersihkan Barang Belanjaan/ Foto: pexels.com/cottonbro 

Setelah sampai di rumah, segeralah mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Tak ketinggalan juga, bersihkan barang belanjaanmu seperti kemasan makanan dengan menggunakan hand sanitizer atau tisu basah antibakteri. Sementara itu, untuk buah dan sayur kamu cukup membersihkannya dengan air mengalir saja. 

Itulah Beauties, beberapa tips belanja aman selama pandemi covid-19. Jagalah selalu kesehatan diri dan keluarga, serta tetap patuhi protokol kesehatan ya! Semoga bermanfaat. 

www.Begini.ID