Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cara Membuat Ketupat yang Empuk dan Enak

 Cara Membuat Ketupat yang Empuk dan Enak

BEGINI.ID - Ketupat merupakan salah satu hidangan khas Asia Tenggara yang kerap disajikan saat lebaran tiba. Ketupat biasanya disajikan bersama rendang ataupun opor ayam. Ketupat sendiri memang punya ciri khas dari bentuk dan bahan pembungkusnya.

Ketupat dibuat dari bahan dasar beras yang dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa muda. Biasanya, setelah beras dimasukkan dalam sarang ketupat maka proses selanjutnya adalah perebusan.

Meskipun terdengar simpel, hasil akhir ketupat seringkali berbeda-beda. Namun tentu saja yang diharapkan adalah hasil ketupat yang empuk dan enak saat disantap. Ternyata, untuk menghasilkan ketupat yang empuk dan enak, ada beberapa tips cara membuat yang bisa diterapkan. Apa saja? simak selengkapnya di bawah ini.

Pilih Bahan Dasar yang Tepat

Bahan dasar ketupat sebaiknya dibuat dengan beras pulen/instagram.com/rosenocen
Bahan dasar ketupat/instagram.com/rosenocen

Cara pertama yang harus diterapkan adalah memilih bahan dasar yang tepat. Hal ini penting karena turut mempengaruhi hasil akhir ketupat. Sebaiknya pilihlah beras pulen karena teksturnya yang tidak keras usai dimasak dan nasi yang dihasilkan terasa lebih lengket.

Sebelum memasukkan bahan beras ke dalam sarang ketupat, sebaiknya rendam terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam. Agar hasilnya nanti lebih kenyal, kami bisa tambahkan sedikit kapur sirih ke dalam rendaman beras.

Untuk bagian kulit ketupat, silakan pilih yang ukurannya sama supaya proses pematangannya berjalan serentak. Jangan lupa untuk memastikan kerapatan pada anyaman daun kelapa supaya tidak terjadi kebocoran saat proses memasukkan beras maupun saat direbus.

Perhatikan Cara Pengisian Beras dan Memasaknya

Memasak ketupat harus dengan air yang merendam seluruh ketupat /instagram.com/febijanto
Memasak ketupat/instagram.com/febijanto

Selanjutnya adalah memperhatikan cara pengisian beras yang tepat. Perlu diketahui bahwa tidak perlu mengisi seluruh sarang ketupat hingga penuh. Cukup isi 2/3 bagian saja. Hal ini dilakukan supaya ketupat tidak terlalu padat dan proses pematangannya lebih baik. Jika sudah, maka susunlah ketupat dalam panci berukuran besar dan tinggi.

Lanjutkan dengan menuangkan air panas hingga seluruh ketupat terendam oleh air. Masaklah selama kurang lebih 2 hingga 3 jam. Jika air rebusan mulai menyusut, maka tambahkan air panas secukupnya. Selain cara ini, kamu juga bisa mematangkan ketupat secara lebih cepat menggunakan pressure cooker. Biasanya hanya butuh waktu 30 menit saja.


Siram Ketupat dengan Air Dingin

Ketupat setelah matang disiram dengan air dingin/instagram.com/sandhysitorus
Ketupat/instagram.com/sandhysitorus

Selain tekstur, kekeliruan yang cukup sering dialami saat membuat ketupat adalah cepat basi dan berair. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mensiasatinya dengan menyiram ketupat dengan air dingin setelah matang. Proses ini bermanfaat untuk membersihkan janur, lendir maupun kotoran sisa air rebusan yang menempel pada ketupat.

www.Begini.ID