Coba Cara Ini Untuk Membuat Ruang Tamu Terlihat Luas!

 Coba Cara Ini Untuk Membuat Ruang Tamu Terlihat Luas!

BEGINI.ID - Rumah adalah tempat tujuan tiap orang untuk melepas lelah selepas beraktivitas. Setiap orang pasti memiliki rumah impiannya masing-masing. Rumah yang nyaman dan rapi menjadi salah satu kriteria banyak orang dalam memilih rumah.

Memiliki rumah dengan ruangan yang luas juga merupakan hal yang di idamkan. Ruangan yang cukup penting di dalam rumah yakni ruang tamu, ruangan ini biasanya menjadi tempat menjamu tamu dan bersenda gurau. Namun, rumah dengan ruang tamu yang luas biasanya memiliki harga yang terbilang mahal. Tentunya tidak semua orang mampu membelinya.

Nah bagi kamu yang ingin memiliki ruang tamu yang terlihat luas di areal rumah yang sempit, cobalah simak 5 tips ini!

1. Kurangi barang

Kurangi barang
Kurangi barang/foto: freepik.com

Memiliki ruang tamu yang luas mungkin salah satu keinginan tiap orang. Untuk mendapatkan ruang tamu yang luas haruslah membeli rumah yang luas pula. Namun, tidak semua orang mampu membelinya.

Salah satu cara yang dapat kamu siasati untuk mendapatkan ruang tamu yang luas adalah dengan mengurangi barang yang ada diruang tamu. Dengan sedikitnya barang yang ditata, ruang tamu akan terlihat luas seolah-olah kamu memang memiliki rumah yang luas pula. Hindari menumpuk barang tak terpakai di ruang tamu karena dapat membuat ruangan terlihat berantakan. 

2. Menggunakan warna cerah

Menggunakan warna cerah
Menggunakan warna cerah/foto: seon.co.id

Salah satu cara untuk membuat ruang tamu di rumahmu terlihat luas yakni dengan menggunakan warna cerah untuk dinding rumahmu. Warna cerah mampu memberi kesan rumah terlihat lebih luas dan rapi. Cobalah untuk memilih warna-warna basic ataupun pastel. Jika kamu ingin menggunakan wallpaper, pilihlah motif yang simple dan sederhana agar tidak terlihat terlalu ramai.


3. Menambahkan cermin

Menambahkan cermin
Menambahkan cermin/foto: exclusivemirror.co.uk

Salah satu hal yang dapat membuat ruang tamu terlihat luas yaitu dengan menambahkan cermin pada area ruang tamu. Cermin mampu membuat kesan ruang tamu terlihat dua kali lebih besar daripada aslinya. Hal ini karena cermin memantulkan bayangan dari runag tamu kamu, alhasil ruangan akan terlihat lebih berdimensi.

Selain itu, meletakkan cermin juga menambah nilai estetika ruang tamu kamu loh! Kamu dapat menempatkan cermin di dinding yang lapang agar bisa membiaskan pandangan dari ruang tamu.

4. Menggunakan meja dan kursi kecil

Menggunakan meja dan kursi kecil
Menggunakan meja dan kursi kecil/foto: freepik.com

Salah satu kunci memiliki ruang tamu yang terlihat luas adalah menggunakan barang dengan jumlah dan bentuk yang minimalis. Kamu dapat menggunakan meja dan kursi berukuran kecil untuk menata ruang tamu. Selain dapat menambah kesan luas dari ruang tamu, meja dan kursi berukuran kecil juga sangat fleksibel untuk dipindahkan sehingga ketika kamu tidak merasa butuh kamu dapat memindahkannya.

5. Perhatikan pencahayaan

Perhatikan pencahayaan
Perhatikan pencahayaan/foto: freepik.com

Pencahayaan merupakan salah satu unsur penting pada area ruang tamu. Hal ini karena pencahayaan dapat menentukan kesan dari ruang tamu tersebut apakah akan terlihat luas atau tidak. Untuk membuat ruang tamu terlihat luas, kamu harus membuat pencahayaan yang baik bagi ruang tamu.

Kamu dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai pencahayaan bila ruang tamu rumahmu mendapatkan pasokan cahaya matahari yang cukup. Bila tidak, kamu dapat menambahkan lampu dengan cahaya yang terang untuk pencahayaan ruang tamu rumahmu.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kesan ruang tamu rumahmu agar terlihat luas. Cobalah untuk menggunakan dekorasi yang sederhana namun menarik untuk memperindah ruang tamu kamu ya!

Lebih baru Lebih lama