Efek Buruk Tidur Lama bagi Kesehatan

 Efek Buruk Tidur Lama bagi Kesehatan

BEGINI.ID - Tiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda tergantung dari aktivitas, kesehatan, umur, dan gaya hidup yang dijalani. Banyak anggapan bahwa kurang tidur tidak baik untuk kesehatan. Namun, ternyata tidur terlalu lama juga tidak baik karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Bagi para pengidap hipersomnia, atau over sleeping dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti obat-obatan, alkohol, dan lainnya. Kira-kira efek buruk apa yang akan dialami ketika tidur terlalu lama? Berikut penjelasannya.

Sakit kepala

headache (sumber : freepik)
headache (sumber : freepik)

Jika kalian tidak biasa tidur terlalu lama, maka sakit kepala bisa menyerang kalian apabila kalian tidur lebih lama daripada hari biasanya. Kelebihan tidur dapat mempengaruhi kondisi zat neotransmitter pada otak, termasuk serotonin. Ketika zat itu terganggu maka akan membuat kepala kalian menjadi sakit

Sakit punggung

backpain (sumber : freepik)
back pain (sumber : freepik)

Tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan sakit punggung, karena tanpa kita sadari posisi tidur tetap sama. Hal itu dapat membuat tulang punggung menjadi kaku dan menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, tidur terlalu lama juga membuat tubuh kalian mengalami rasa sakit karena saat tidur tidak melakukan banyak gerakan. Apapun yang dilakukan secara berlebihan juga tidak baik, ya!


Meningkatnya risiko diabetes

sumber : freepik
sumber : freepik

Meningkatnya risiko diabetes adalah salah satu efek buruk yang dapat terjadi. Baik terlalu lama atau terlalu singkat kalian tidur, keduanya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Hal ini dikarenakan kelebihan tidur dapat mengalami gangguan pencernaan dan insulin sehingga menyebabkan terkena diabetes. 

Meningkatnya risiko obesitas

gain weight (sumber : freepik)
gain weight (sumber : freepik)

Terlalu lama tidur juga dapat menimbulkan kenaikan berat badan hingga obesitas. Terlalu lama tidur, membuat tubuh menjadi jarang bergerak dan hal itu yang membuat berat badan menjadi naik. 

Mengalami depresi

depression (sumber : freepik)
depression (sumber : freepik)

Selain kondisi kesehatan yang sudah disebutkan, terlalu lama tidur juga dapat mengganggu kesehatan mental karena tubuh mengalami kelelahan dan menyebabkan depresi. Untuk menangani hal ini, kalian harus mengembalikan kondisi tidur ke jam normal. 

Mengganggu kesuburan

Oversleeping dapat mengganggu kesuburan baik perempuan maupun laki-laki , karena dapat mempengaruhi hormon dan berkaitan dengan kesuburan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari tidur terlalu lama.

Nah, itu adalah beberapa efek buruk yang dapat terjadi apabila tidur terlalu lama. Semoga sehat selalu ya!

Lebih baru Lebih lama