Ingin Kulit Glowing Alami? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

 Ingin Kulit Glowing Alami? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

BEGINI.ID - Memiliki kulit glowing tentu menjadi dambaan banyak orang saat ini. Berbagai produk kecantikan pun dicoba demi mendapatkan kulit cerah bersinar. Akan tetapi, memilih produk kecantikan yang tepat tidaklah mudah. Alih-alih membuat kulit glowing, salah memilih skin care justru akan berdampak pada kerusakan kulit.

Menjalani pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk memiliki kulit sehat, cerah, dan bersinar. Rutin olahraga, rajin minum air putih, dan mengonsumsi makanan yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit merupakan solusi paling tepat.

Makanan untuk kulit glowing

Ilustrasi makanan untuk kulit glowing.
Ilustrasi makanan untuk kulit glowing/Freepik

Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut ini 5 makanan yang harus dikonsumsi untuk memiliki kulit glowing:

1. Brokoli

Makanan yang harus dikonsumsi untuk memiliki kulit glowing yang pertama adalah brokoli. Sayuran ini mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk membuat kulit cerah bersinar.

"Untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi, saya merekomendasikan sayuran silangan dan buah-buahan antioksidan," kata dr. Harold Lancer, dokter kulit di California yang bekerja sama dengan selebriti seperti Margot Robbie dan Kim Kardashian.


2. Jeruk

Makanan selanjutnya yang juga cocok dikonsumsi agar membuat kulit glowing ialah jeruk. Buah ini terkenal karena mengandung vitamin C yang berlimpah.

"Antioksidan kuat ini terbukti mampu melindungi kulit dari stres oksidatif termasuk kerusakan UV pada kulit, merangsang pembentukan pelindung kulit, meningkatkan hidrasi, dan meningkatkan penyembuhan luka," kata Brenda Braslow, ahli diet dari MyNetDiary.

3. Wortel

Selama ini wortel dikenal sebagai makanan yang dapat menyehatkan mata. Belum banyak yang tahu bahwa wortel juga bisa membuat kulit menjadi glowing.

Selain mengandung vitamin A, wortel pun beta karoten yang membuat panganan ini bersifat antioksidan. Oleh sebab itu, wortel bisa mengurangi produksi sel kulit luar dan menghambat perkembangan kanker kulit.

"Wortel dan ubi jalar memiliki beta karoten, yang melindungi kulit dari matahari, dan kaya akan vitamin A yang memperbaiki kerusakan kolagen," kata Dr. Purvisha Patel MD, dokter kulit bersertifikat Visha Skincare di Germantown, Tennessee.

4. Tomat

Makanan selanjutnya yang juga dapat membuat kulit menjadi glowing adalah tomat. Likopen yang dimilikinya membantu meningkatkan kekuatan kolagen sehingga kulit terhindar dari radikal bebas penyebab penuaan kulit.

"Makan makanan berbahan dasar tomat, seperti saus dan jus tomat, dapat membantu menghilangkan jerawat," kata Dr. Marie Jhin, dokter kulit bersertifikat Premier Dermatology di San Carlos, California.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung banyak protein, sehingga cocok untuk membuat kulit menjadi glowing. Telur juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan kulit.

"Makanan kaya protein, seperti putih telur, memiliki lisin dan prolin, asam amino yang membentuk kolagen," ujar Dr. Purvisha Patel MD, dokter kulit bersertifikat Visha Skincare di Germantown, Tennessee.

Lebih baru Lebih lama