Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Berbeda dengan Yoga, Kenali Manfaat Olahraga Pilates yang Kini Jadi Tren

 Berbeda dengan Yoga, Kenali Manfaat Olahraga Pilates yang Kini Jadi Tren

BEGINI.ID - Sebagai seorang wanita, tentu berat badan dan postur tubuh menjadi hal yang penting untuk dijaga. Selain mengatur pola makan, menjaga bentuk tubuh pun perlu diimbangi dengan kegiatan olahraga.

Selama PPKM, tentu kita sering bingung olahraga apa yang bisa dilakukan di rumah. Sebenarnya, banyak pilihan olahraga ringan yang tidak memerlukan tempat luas dan peralatan rumit. Salah satu contohnya adalah pilates.

Pilates adalah salah satu pilihan olahraga simple yang bisa kita lakukan selama di rumah aja. Olahraga yang lagi nge-tren ini banyak digandrungi karena dapat membentuk tubuh dan meningkatkan freksibilitas.

Olahraga online selama dirumah aja/Foto: freepik.com
(Olahraga online selama dirumah aja/Foto: freepik.com)

Melansir dari Mommies Daily, pilates banyak disukai perempuan karena dianggap sebagai olahraga yang tenang. Tidak banyak gerakan melompat, tidak banyak momentum, tidak banyak mengangkat beban dan tidak beresiko cedera tinggi.

Selain meningkatkan fleksibilitas, pilates juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan selama melakukan pilates, kita lebih mendengarkan instruktur ketimbang mencontoh gerakan. Oleh karena itu berolahraga pilates juga melatih konsentrasi kita untuk fokus selama latihan.


Pilates dan yoga, apa bedanya?/Foto: freepik.com
(Pilates dan yoga, apa bedanya?/Foto: freepik.com)

Jika dilihat sekilas, pilates memang terlihat mirip seperti yoga. Namun sebenarnya dua olahraga ini berbeda lho, Beauties! Perbedaan dari kedua olahraga yang terlihat serupa ini ada pada tujuannya. Yoga lebih memfokuskan pada latihan kelenturan, meditasi dan mengatur stress. Sementara pilates lebih kepada menempa stamina tubuh.

Pilates merupakan versi kontemporer dari Yoga yang mana mulai dikembangkan oleh Joseph Pilates pada abad 20-an. Pilates diciptakan sebagai bentuk penguatan dan penyembuhan otot-otot postural tubuh.

Pilates, olahraga simple banyak manfaat/Foto: freepik.com
(Pilates, olahraga simple banyak manfaat/Foto: freepik.com)

Pilates adalah olahraga yang dapat menguatkan punggung dan tulang belakang, lengan, pinggul, paha dan perut. Pilates juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh yang tidak seimbang dan melatih pergerakan tubuh agar lebih efisien sehingga dapat mengurangi resiko cidera di kemudian hari.

Jika dilakukan secara rutin, pilates juga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Faktanya, latihan olahraga pilates selama 60 menit dapat membakar 270-460 kalori.  Beberapa alat latihan seperti pilates ringpilates ballblock, atau resistance band bisa digunakan untuk memaksimalkan proses latihan selama melakukan pilates di rumah.

www.Begini.ID