Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kesal Jerawat Membandel? 5 Makanan Ini Sudah Harus Kamu Tinggalkan!

 Kesal Jerawat Membandel? 5 Makanan Ini Sudah Harus Kamu Tinggalkan!

BEGINI.ID - Beauties, punya masalah dengan jerawat? Sudah melakukan berbagai cara namun belum juga berhasil? Selain harus rajin dengan rangkaian skincare, kamu juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, pola tidur, hingga olahraga.

Pola makan kerap menjadi hal yang sering dikaitkan dengan penyebab jerawat. Biasanya, makanan dengan kandungan lemak yang tinggi menjadi penyebab utamanya.

Jerawat yang muncul akan diikuti rasa sakit dan nyeri yang membuat rasa tidak nyaman. Hal ini tentu membuat kamu terganggu kan, Beauties?

Berikut makanan yang harus kamu hindari jika ingin miliki wajah mulus bebas jerawat. Simak di bawah ini yuk!

1. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/robin stickel)
Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/robin stickel)

Makanan cepat saji menjadi salah satu jenis makanan yang menyebabkan jerawat. Pasalnya, makanan cepat saji mengandung kalori tinggi, lemak hingga karbohidrat.

Dilasir dari Wolipop, satu studi terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa di Tiongkok menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43% terkena jerawat. Makanan cepat saji, seperti kentang goreng, burger, pizza, soda, hingga milkshake harus kamu hindari ya, Beauties, jika tak ingin jerawat terus bermunculan di wajah.

2. Susu

Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/charlotte may)
Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/charlotte may)

Siapa sangka susu menjadi salah satu makanan yang menyebabkan jerawat? Rupanya susu menjadi produk olahan yang dikaitkan dengan peradangan tinggi. Susu skim ternyata dinyatakan memiliki kandungan gula yang tinggi.

Kandungan gula yang tinggi pada susu skin ini ditimbulkan oleh sirkulasi hormon pada sapi ketika memproduksi susu. Beberapa penelitian juga membuktikan jika jerawat lebih sering terjadi karena mengonsumsi produk olahan susu.


3. Roti Putih

Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)
Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Olahan yang terbuat dari tepung ini nyatanya menjadi salah satu penyebab jerawat yang paling sering ditemui. Siapa sangka roti putih memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Roti putih sangat mudah dicerna menjadi glukosa di dalam tubuh. Akibat lonjakan gula darah di dalam tubuh pun ikut melonjak. Gula darah yang menumpuk dapat menghambat aliran darah. Hal ini akan membuat jerawat semakin parah karena peradangan yang terjadi.

4. Cokelat

Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/Anete Lusina)
Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/Anete Lusina)

Kamu mungkin sering mendengar bahwa cokelat menjadi salah satu penyebab jerawat ya, Beauties? Cokelat dikatakan menjadi salah satu penyebab jerawat lantaran dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin.

Pelepasan protein ini nantinya membuat bakteri penyebab jerawat. Meski hingga kini belum dapat dipastikan cokelat dapat memicu pertumbuhan jerawat.

5. Makan dengan Kandungan Gula yang Tinggi

Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/Ponyo Sakana)
Makanan penyebab jerawat (foto: pexels.com/Ponyo Sakana)

Menurut sebuah studi, orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi memiliki 30% risiko jerawat. Bahkan orang yang rutin memakan kue memiliki risiko 20% lebih tinggi jerawatan.

Peningkatan risiko ini dikarenakan efek karbohidrat olahan terhadap gula darah dan kadar insulin. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat ya, Beauties, agar jerawat hempas dan kulit mulus kembali.

www.Begini.ID