Perasaan Nggak Tenang Memikirkan Masa Depan? Coba Atasi dengan 4 Cara Sederhana Ini

 Perasaan Nggak Tenang Memikirkan Masa Depan? Coba Atasi dengan 4 Cara Sederhana Ini

BEGINI.ID - Ketika memasuki usia dewasa, kebanyakan dari kita pasti merasa galau dan nggak tenang memikirkan masa depan. Pasti akan timbul pertanyaan bagaimana ya nanti masa depanku, apakah bisa sukses, nanti setelah lulus kuliah bakal kerja di mana, nanti kalau gagal bagaimana, dan segudang pertanyaan yang lain.

Hmm, sebenarnya ini hal yang wajar terjadi kok ketakutan, overthinking, dan kecemasan terhadap masa depan pasti semua orang pernah mengalami. Namun tenang jangan kebanyakan overthinking, berikut cara mengatasi perasaan nggak tenang memikirkan masa depan. 

1. Sesekali Kita Perlu Menikmati Perasaan Tersebut

sesekali coba nikmati perasaan tersebut
sesekali coba nikmati perasaan tersebut/pexels.com/Los Muertos Crew

Kadang perasaan nggak tenang, khawatir terhadap masa depan, dan overthinking terhadap suatu hal perlu kita nikmati lho. Kok bisa? Tunggu dulu ini dilakukan supaya kita bisa memikirkan bagaimana keputusan yang harus diambil, strategi apa supaya bisa mencapai kesuksesan, serta bisa mempersiapkan segala tantangan yang bisa kapan saja menghadang. Namun yang harus diperhatikan sewajarnya saja, jangan sampai membuatmu malah terpuruk. 

2. Mencari Kegiatan Lain

mencari kegiatan lain
mencari kegiatan lain/pexels.com/Sam Lion

Cara selanjutnya yaitu, dengan mencari kegiatan atau aktivitas lain. Wajar kok perasaan tersebut muncul apalagi di usia kita yang semakin dewasa ini. Pasti banyak banget pikiran yang mengganggumu, untuk mengatasinya cobalah untuk cari kegiatan lain.

Alihkan pikiran untuk melakukan olahraga misalnya, menyelesaikan pekerjaan, nongkrong bareng teman, dan sebagainya. Sehingga bisa membuat perasaan jauh lebih tenang. 


3. Mencari Sumber Motivasi

mencari sumber motivasi
mencari sumber motivasi/pexels.com/Julia Avamotive

Selain dua poin di atas, cara selanjutnya yaitu mencari sumber motivasi. Nah carilah sumber motivasi entah itu dari orangtua, orang-orang tersayang, dari pencapaian yang ingin kamu raih, dan sebagainya.

Sumber motivasi ini bisa menjadi peganganmu saat merasa jatuh dan bisa membuat kita tetap semangat saat rasa pesimis menghampiri. Maka mulai sekarang carilah sumber motivasi tersebut, ya. 

4. Lakukan Hal untuk Meningkatkan Kapasitas Diri

meningkatkan kapasitas diri
meningkatkan kapasitas diri/pexels.com/George Milton

Daripada memikirkan hal yang belum pasti, mental sakit karena kebanyakan overthinking, lebih baik fokus pada pengembangan diri. Misal nih, setelah lulus kuliah kamu ingin bekerja di perusahaan tertentu, nah mulai sekarang persiapkan diri dengan memperbanyak relasi, menyusun CV, ikut magang, belajar bahasa asing, dan cari tahu tentang perusahaan tersebut. Dengan demikian waktu yang kamu miliki bisa termanfaatkan secara baik. 

Itulah empat cara yang bisa Beauties coba untuk mengatasi galau karena masa depan. Masa depan harus dihadapi, maka kamu harus mempersiapkan diri mulai sekarang. 

Lebih baru Lebih lama