Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Selain Penyakit Ginjal, Ini 5 Risiko yang Mengintai Bila Sering Menahan Pipis

 Selain Penyakit Ginjal, Ini 5 Risiko yang Mengintai Bila Sering Menahan Pipis

BEGINI.ID - Dalam beberapa situasi, kamu memang jadi terpaksa menahan pipis. Misalnya karena lagi di jalan, juga memang sedang berjauhan dari kamar mandi terdekat.

Meski begitu, sebisa mungkin jangan terlalu sering menahannya ya, Beauties! Karena tentu dampaknya yang nggak baik buatmu. Lantas apa saja, sih?

1. Kandung Kemih Melar

Kalau kamu sering menahan pipis, maka biasanya kondisi awal yang dapat terjadi adalah kandung kemih yang melar.

"Kandung kemih yang melar atau overstretch terjadi akibat sering nahan pipis. Jika sudah melar maka risiko terjadi gangguan lain makin besar hingga perlu tindak pengobatan bergantung kondisi pasien," kata dokter ahli urologi Prof dr Djoko Rahardjo SpB, SpU (K) seperti dikutip dari laman detikHealth.


Manfaat buang air kecil setelah berhubungan seks/freepik.com/ijeabHindari terlalu sering menahan pipis. /Foto: freepik.com/ijeab/ 

2. Risiko Penyakit Ginjal

Beauties, ketika kamu menahan pipis, yang terjadi adalah otot sfinger yang ada di kandung kemih jadi akan menutup rapat. Ini dilakukan supaya urine tidak keluar lewat uretra.

Rupanya, kalau kamu sering melakukan hal ini, maka bisa menimbulkan aneka masalah kesehatan. Pasalnya, bikin tubuh bisa mengalami ketidakseimbangan metabolisme dan elektrolit. Kondisi ini rupanya dalam jangka panjang berisiko mengalami penyakit gagal ginjal.


3. Merusak Pompa di Kandung Kemih

Menurut dokter dan ahli urologi dr Ponco Birowo SpU (K), PhD, pompa di kandung kemih, berguna untuk membantu air kencing keluar sebagaimana mestinya. Nah, bila sering ditahan, maka kerja pompa ini tidak maksimal, alhasil jadi rusak.

Sakit PerutIlustrasi sakit perut karena sering menahan pipis. / Foto: freepik.com

4. Infeksi Saluran Kemih

Gangguan ini ditandai dengan mengalami perih ketika buang air kecil, nyeri di perut bagian bawah, dan sering pipis tapi dengan volume sedikit.

"Air pipis seharusnya steril namun bila tidak segera dibuang menjadi media masuknya bakteri ke dalam tubuh. Infeksi kemudian menyebar hingga akhirnya perlu penanganan lebih lanjut bergantung kondisi pasien," kata dr Ponco.

5. Nyeri Pinggang

Nggak cuma area organ saluran kemih, tapi kamu juga berisiko nyeri pinggang karena suka menahan pipis.

Ketika kamu menahan pipis, maka sinyal yang diberikan tubuh untuk segera kencing, maka tubuh melawan sinyal tersebut. Sehingga, bagian perut terasa penuh hingga merasa nyeri.

Bila diteruskan, bisa menyebar hingga ke pinggang. Ini terjadi karena sebagian besar otot di kandung kemih dan ginjal kamu yang terus menegang.

Karenanya kamu dianjurkan untuk tidak menahan pipis, juga teraturlah buang air kecil tiap tiga jam sekali, tanpa mesti menunggu untuk kebelet dulu ya, Beauties.

www.Begini.ID