Masih Muda tapi GERD, Makanan Ini Bisa Jadi Pemicunya!

 Masih Muda tapi GERD, Makanan Ini Bisa Jadi Pemicunya!

BEGINI.ID - Maag dan Gerd adalah penyakit yang akrab dengan anak muda. Penyakit ini sering diderita oleh orang-orang muda yang tidak menjaga pola makan, terlalu sering minum kopi, sering tidur larut malam, hingga terlalu stres.

Naiknya asam lambung memang terasa sangat tidak nyaman. Saat penyakit asam lambung terjadi, aktivitas di siang hari atau waktu istirahat di malam hari pun bisa terganggu.

Terdapat beberapa makanan yang diketahui bisa memicu naiknya asam lambung. Apa saja?

Roti Putih

Roti putih/Roti putih/ Foto: pexels.com/catscoming

Roti putih ternyata punya kandungan ragi yang tinggi. Kandungan inilah yang bisa memicu naiknya asam lambung kita. Kalau kamu tetap ingin mengonsumsi roti, sebaiknya ganti dengan roti gandum yang kandungan raginya tidak terlalu tinggi.

Cokelat

Terasa enak, cokelat ternyata tidak ramah di perut. Ada kandungan methylxanthine dalam cokelat, yakni zat yang bisa melemahkan kinerja otot di esofagus. Lemahnya kinerja otot bisa memicu refluks dan membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Makanan Pedas

Cabai merah keringCabai merah/ Foto: Pixabay.com

Sudah bukan rahasia kalau makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung. Kandungan capsaicin pada cabai bisa mengiritasi lambung dan membuatnya jadi terasa perih. Kalau kamu ingin mengonsumsi makanan pedas, usahakan perut tidak dalam keadaan kosong. Konsumsi juga makanan pedas secukupnya, jangan berlebihan.

Makanan Tinggi Lemak

Makanan seperti gorengan dan daging merah memang terasa enak. Sayangnya, makanan ini bisa memicu asam lambung buat kamu yang perutnya sensitif. Gorengan bisa melemahkan kinerja katup lambung sehingga memudahkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan dan menyebabkan kamu merasa tidak nyaman.

Bawang

Konsumsi Bawang PutihBawang/ Foto: Pexels.com

Bawang memang bisa membuat makanan terasa lebih enak. Tapi, jika berlebihan, bawang juga bisa memicu asam lambung. Karena itu, penderita asam lambung sebaiknya mengurangi jumlah bawang dalam makanan yang dikonsumsinya.

Asam lambung bisa dipicu dari makanan dan gaya hidup. Jadi, selain menjaga pola makan dan menunya, kamu juga perlu menjaga gaya hidupmu. Jauhkan diri dari stres dan atur pola istirahat yang cukup.

Lebih baru Lebih lama