Wah... Ini Peran Besar Kekayaan BTS untuk Perkembangan Ekonomi Korea Selatan, Bikin Bangga!

 Wah... Ini Peran Besar Kekayaan BTS untuk Perkembangan Ekonomi Korea Selatan, Bikin Bangga!

BEGINI.ID - Bangtan Boys (BTS), group band K-pop yang terdiri dari 7 penyanyi ini kesuksesannya sudah diakui negara asalnya sejak pertama kali debut. Group band BTS yang terdiri dari Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook pasalnya menghasilkan lagu yang memiliki pencapaian luar biasa.

Pencapaian ini membawa kontribusi yang besar bagi negara asalnya, Korea Selatan. Melansir dari Borgen Magazine, kekayaan BTS bagi Korea Selatan adalah 1,7 triliun won. Melihat pencapaian BTS dalam beberapa tahun terakhir, pengamat pun mempredikisi bahwa ke depannya, mereka akan terus berkembang.

Kekayaan BTS dalam rupiah jika dikonversikan mencapai 20,5 triliun, lho! Luar biasa ya, Beauties!

Peningkatan Konsumsi di Korea Selatan

kekayaan bts
kekayaan bts/ Foto: Facebook/BTS

Kekayaan BTS juga turut berkontribusi bagi peningkatan konsumsi di Korea Selatan. Konsumsi dalam beberapa lini produk seperti, kosmetik, pakaian, dan makanan. 

Setiap kenaikan 1% volume pencarian BTS secara online, maka ada peningkatan penjualan kosmetik sebesar 0.72%, dan makanan 0.45%, serta pakaian sebesar 0.18%. Sekumpulan barang-barang ini merupakan penjualan terpenting yang berkontribusi bagi perkembangan ekonomi Korea Selatan. 

kekayaan bts/ Foto: Rollingstonemedia
kekayaan bts/ Foto: Rollingstonemedia

Konser yang digelar BTS juga berkontribusi bagi negara asalnya. Konser BTS 5th Muster [Magic Shop] di Busan dan Seoul, contohnya, menyumbang peningkatan sebesar 1.6% dan 0.9% dalam segi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) masing-masing kota. 

Peningkatan konsumsi juga tidak terjadi di dalam negeri, tetapi luar negeri. BTS yang lagunya dikenal dunia, berkontribusi 1.7% bagi ekspor Korea Selatan pada tahun 2017, lho!


Pengembangan Industri Pariwisata

kekayaan bts
kekayaan bts/ Foto: Facebook/BTS

Melansir dari Medium, BTS juga turut mengembangkan industri pariwisata Korea Selatan. Banyak turis mancanegara yang tertarik mengunjungi negara ginseng tersebut karena BTS. 

Sebuah penelitian menunjukkan bawa sejumlah 800 ribu turis mengunjungi Korea Selatan setiap tahunnya karena keperluan BTS. Figur ini menunjukkan bahwa BTS mampu menggandeng 7.6% dari keseluruhan turis yang mengunjungi negara ginseng tersebut. Sungguh luar biasa ya dampak yang dibawakan BTS untuk menarik perhatian turis ke negerinya!

Perkembangan BTS ini diikuti oleh jangkauannya yang melebihi negera asalnya. BTS juga merupakan salah satu group band Korea yang berhasil menyabet nominasi penghargaan Grammy. Secara keseluruhan, pencapaian BTS yang luar biasa ini bisa dibilang melebihi pencapaian group band Internasional populer lainnya, lho! 

Lebih baru Lebih lama