Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

5 Kiat Jitu Melindungi Diri dari Bahan Berbahaya pada Produk Makeup, yang Dandan Tiap Hari Wajib Tahu!



 5 Kiat Jitu Melindungi Diri dari Bahan Berbahaya pada Produk Makeup, yang Dandan Tiap Hari Wajib Tahu!


BEGINI.ID - Tidak semua produk makeup atau kosmetik yang terjual di pasaran terjamin aman untuk kesehatan kulit wajahmu. Nggak sedikit, ditemukan kandungan berbahaya pada beragam produk kosmetik, belum lagi peredaran produk palsu yang semakin merajalela.

 
Agar kegiatan mempercantik diri tetap berjalan aman, dibutuhkan sikap mawas dari diri setiap konsumen. Melansir dari laman Medical News Today, terdapat 5 langkah melindungi diri dari komponen berbahaya pada produk kosmetik.

Seperti apa langkah-langkah tersebut? Simak artikelnya di bawah ini! 

1. Gunakan Produk dengan Komposisi Sedikit

Terlalu banyaknya kandungan pada kosmetik cenderung dapat membahayakan kesehatan kulit wajahmu.
Carilah kosmetik dengan kandungan yang lebih sedikit/Foto:Freepik.com/Freepik


Jika kamu masih berpikir bahwa semakin banyak komponen pada kosmetik maka semakin besar pula manfaatnya, kemungkinan besar anggapan tersebut salah.

Sebuah penelitian berjudul A Study of the Possible Harmful Effects of Cosmetic Beauty Products on Human Health menemukan beragam produk kosmetik mencampurkan banyak komponen dengan tujuan meningkatkan kualitas. Tetapi rupanya semakin banyak zat yang dicampur, semakin besar pula risiko kerusakan pada kulit wajah.

Karenanya pilihlah produk kosmetik dengan daftar komponen yang lebih sederhana dan sedikit mengandung bahan kimia. Sebisa mungkin, hindari produk dengan wewangian sintetis agar lebih aman untuk kesehatan kulit wajahmu.



2. Jangan Terlalu Sering Gunakan Produk Kosmetik

Hindari kebiasaan terlalu banyak menggunakan produk kosmetik.
Gunakan produk kosmetik sesuai kebutuhan/Foto:Freepik.com/Wirestock


Alih-alih mendapatkan manfaat menarik, kulit wajahmu justru dapat berisiko rusak akibat pemakaian produk kosmetik secara berlebih. Terlalu banyaknya zat serta kandungan yang menempel pada kulit membuat wajah mudah bermasalah dan jauh dari kata sehat.

Selain mengintai kesehatan, kamu juga akan berisiko kesulitan memisahkan produk kosmetik yang cocok dengan kulit. Kamu akan kesulitan menilai mana yang dirasa aman karena tidak adanya jarak dalam memakai segala produk tersebut.

So, selalu pakailah produk kosmetik secara wajar saja sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya, Beauties.

3. Cermati Kandungan Kosmetik Sebelum Membeli

Selalu mencari tahu dahulu kandungan pada produk yang ingin kamu beli dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit wajahmu.
Mencari tahu kandungan produk sebelum membeli/Foto:Freepik.com/Azerbaijan_stocker


Semenjak semakin banyaknya produsen kosmetik yang sulit diatur, maka waktunya bagi kamu untuk menjadi konsumen yang lebih pintar. Mulailah untuk mencari tahu kandungan-kandungan pada kosmetik yang hendak kamu beli.

Manfaatkan berbagai situs pada internet untuk mengecek sederet komponen kemudian sesuaikan dengan kondisi kulitmu. Terapkan sikap cermat dan teliti dalam memilih produk kosmetik demi melindungi kesehatan kulit dari kandungan berbahaya.

4. Jangan Mudah Percaya dengan Klaim Sebuah Kosmetik

Semakin banyaknya produk kosmetik yang menjual janji palsu maka perlu sifat yang cermat dalam mempercayai klaim-klaim tersebut.
Jangan percaya klaim kosmetik tanpa bukti yang jelas/Foto:Freepik.com/Kroshka_nastya


Sebagai pengguna kosmetik yang cermat dalam membeli, pantang bagi kamu untuk mudah begitu saja percaya dengan klaim menarik dari sebuah produk. Terlebih kondisi saat ini di mana banyak kosmetik yang diedarkan tanpa izin serta pertanggungjawaban yang jelas.

Sejalan dengan pendapat Dr Courtney Blair Rubin, seorang ahli dermatologi di University of Pennsylvania, klaim natural pada produk kosmetik bukan menjadi jaminan aman dan terbebas dari zat berbahaya. Justru, masih sering ditemukan kandungan tidak sehat pada produk-produk dengan klaim aman.

Jadi, jangan termakan dengan klaim serta janji menarik tanpa adanya bukti yang jelas ya, Beauties.


5. Pastikan Produk Kosmetik Aman

Manfaatkan situs terpercaya untuk memastikan keamanan produk kosmetik.
Uji keamanan produk kosmetik sebelum menggunakannya/Foto:Freepik.com/Stockking


Selain memilah kandungan pada produk, hal penting lain yang harus kamu lakukan ialah mengecek kembali keamanan dari produk kosmetik yang kamu gunakan.

Mengingat saat ini banyak sekali produk palsu yang dipasarkan tanpa izin resmi, tentunya membahayakan kesehatan kulit wajahmu. Lakukan pengecekan secara mandiri melalui situs terpecaya seperti BPOM agar produk yang kamu gunakan semakin terjamin keamanannya.

Selalu terapkan 5 sikap mawas tersebut agar kulit wajah terus terjaga kesehatannya ya!

www.Begini.ID