7 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Varian Omicron yang Mulai Mengancam, Bisa Dilakukan dari Sekarang!


 BEGINI.ID - Berbagai negara kini kembali dihebohkan dengan Covid-19 varian terbaru, yaitu Omicron. Varian ini disebut lebih ganas dari varian sebelumnya, salah satunya Delta. 

Varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Saat ini, varian tersebut sudah ditemukan di Hongkong. Karena penyebaran yang cepat ini, maka berbagai negara mulai melakukan sejumlah upaya untuk mencegahnya.

Nah, kita juga bisa ikut mencegah penularan Covid-19 varian Omicron ini, dimulai dari diri kita sendiri. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Lakukan Vaksinasi Covid-19

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com/master1305

Mutasi yang lebih tinggi dari varian Covid-19 lainnya membuat varian Omicron mudah menyerang. Maka dari itu dibutuhkan penangkal dengan baik, salah satunya melakukan vaksinasi Covid-19 yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Vaksin telah terbukti aman dan efektif untuk mengurangi penularan dan gejala Covid-19. Maka dari itu, untukmu yang belum mendapatkan vaksin, akan sangat baik jika segera mencarinya ya, Beauties!

2. Menggunakan Masker dengan Benar

Pandemi Covid-19Menggunakan Masker/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Tidak lupa untuk selalu menggunakan masker dengan benar, yaitu menutup hidung dan mulut. Pilihlah masker N95 yang merupakan pilihan terbaik.

Namun, jika tidak ada kamu tetap dapat menggunakan masker medis dua lapis. Lalu, rutin menggantinya setiap empat jam sekali atau saat sudah basah. 

3. Rajin Mencuci Tangan

covid, covid-19Rajin Mencuci Tangan/ Foto: Pexel.com/andrea piacquadio

Sejak awal pandemi Covid-19, kita telah diingatkan oleh pemerintah untuk rutin mencuci tangan. Baik itu dengan air mengalir atau dengan menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif. 

Nah, demi mencegah penularan varian Omicron, hal yang satu ini juga jangan sampai kamu lewatkan ya, Beauties! Sebab, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membuat virus mati dan kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat digunakan sebagai alternatif yang praktis. Selalu ingat untuk lakukannya kapan pun dan dimana pun.


4. Tetap di Rumah Aja

Pandemi Covid-19Tetap di Rumah Aja/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Hal satu ini tak kalah penting lho! Seperti yang kita tahu, saat kita di luar rumah, kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan orang lain, bagaimana virus menyebar, dan sebagainya. 

Akan sangat rentan jika kita terus berada di luar rumah. Maka dari itu, perlu untukmu mengurangi intensitas ke luar rumah jika kurang penting atau tidak mendesak. Hal ini tentu saja untuk membuatmu tidak tertular varian Omicron yang lebih ganas ini.

Lebih baru Lebih lama