Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kiat Sehat 'Konsumsi' Konten yang Bikin Diri Kamu Merasa Lebih Baik


 BEGINI.ID - Banyak konten menarik yang kini semakin mudah diakses berkat internet, terutama dari media sosial. Tetapi, penggunaan yang bijak agar manfaatnya lebih terasa memang bukanlah rahasia umum lagi.

Itu karena penggunaan yang berlebihan justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Demikian menurut studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Mental Health and Addiction.

Selain itu, paparan informasi berisi berita buruk juga bisa menimbulkan kekhawatiran, dan berdampak pada suasana hati yang tidak bagus. Jika tidak dikendalikan, menurut Graham Davey, psikolog yang dilansir dari Huff Post, maka bisa turut mengubah persepsi kamu dan cara berinteraksi dengan sekitar.

Karenanya kamu bisa mencoba melakukan hal di bawah ini terkait konsumsi konten, agar diri kamu justru bisa merasa lebih baik.

Tonton Film atau Serial dengan Happy Ending

Atasi stresMenonton film dengan happy ending bisa bikin merasa lebih baik. /foto: pexels.com/vlada-karpovich/

Penting banget sebelum menonton film maupun series, untuk mengetahui genre dan sinopsis terlebih dulu, di samping alasan lagi trending semata, Beauties.

Itu karena beberapa tayangan bisa mengandung kekerasan atau hal-hal yang berisiko bikin kamu ke-trigger dan nggak tenang seharian. Sebaliknya, tontonan dengan happy ending bisa bikin kamu ikut bahagia!


Dengarkan Podcast atau Tayangan yang Menginspirasi

Waktu yang tepat dengerin podcast/ Foto: Freepik.comWaktu yang tepat dengerin podcast/ Foto: Freepik.com

Kamu bisa mendapat sebuah pengetahuan hingga pandangan baru lewat podcast, maupun konten dari IG live yang menginspirasi, seperti belajar mengelola keuangan untuk pemula bagi kamu yang tertarik dengan dunia investasi, kesehatan mental, dan topik seru lainnya.


Mute Media atau Konten-konten yang Akan Triggers Kamu!

Kamu bisa me-unfollow hingga mute akun yang kerap menyajikan konten-konten yang nggak sehat buat kamu, misalnya akun gosip seleb, akun mantan pacar yang kerap umbar kemesraan, atau akun yang bikin kamu nggak bahagia, yang bikin kamu jadi membandingkan diri sendiri dan orang lain, Beauties.

Namun yang perlu diingat, bahwa apa yang ditampilkan di media sosial hanyalah sebagian sisi yang ingin orang tersebut tunjukkan, artinya ia kerap menunjukkan kesuksesan alih-alih keadaan yang sebenarnya.

www.Begini.ID