Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

16 Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan



Manaaf Belimbing Wuluh, buah ini sangat kecil, pohonnya ada di mana-mana, bahkan tanpa perawatan khusus pun bisa hidup dengan baik. Rasanya masam, bahkan sangat masam, sekali berbuah cukup banyak, berenteng-renteng.


Ia adalah belimbing wuluh, ada yang menyebutnya belimbing sambal, karena sering dicampur dengan sambal, ada juga yang menyebutnya belimbing sayur, karena juga sering dimasak dengan sayur, terutama asam pedas.


Tapi tahukah kalian, betapa dahsyatnya khasiat atau manfaat belimbing wuluh? Ia, sedikitnya da 16 belimbing wuluh yang akan kita ulas pada artikel kali ini.


Simak dengan cermat ya...


1. Membantu Mengelola Hipertensi

Kandungan antioksidan dan protein menjadi manfaat belimbing wuluh yang juga dapat berfungsi sebagai obat alami yang luar biasa untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.



2. Membantu Diet

manfaat belimbing wuluh-membantu diet


Ingin kurus? Moms bisa mencoba manfaat belimbing wuluh untuk diet yang satu ini.


Di dalam buah ini terdapat serat. Jika dikonsumsi, maka serat ini bisa membuat Moms lebih cepat kenyang dan kenyang lebih lama juga. Dengan begini, keinginan Moms untuk makan kemudian akan berkurang.


Jika Moms bisa menahan nafsu makan yang berlebihan, niscaya Moms bisa menurunkan berat badan.


3. Mengatur Kadar Gula Darah

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar gula darah, ia juga bisa memantau aktivitas insulin dalam tubuh.


Ini karena kandungan flavonoid dan serat makanan yang kaya dalam buah bilimbi mampu bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah makan, sehingga membantu mengendalikan gejala diabetes.



4. Mengatasi Sakit Gigi

manfaat belimbing wuluh-bisa mengatasi sakit gigi

Manfaat belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri pada gigi. Caranya hampir sama seperti untuk mengobati jerawat, Moms hanya perlu menghancurkan belimbing wuluh namun jangan terlalu halus.


Lalu kemudian oleskan ke area gigi yang sakit. Moms bisa menunggu kurang lebih selama satu jam, dan biarkan buah itu bekerja dan kemudian berkumurlah dengan air hangat.


5. Mampu Mengobati Wasir

manfaat belimbing wuluh-mengatasi wasir


Manfaat belimbing wuluh yang tak akan Moms kira sebelumnya adalah mengatasi wasir. Mengutip artikel dari Netmeds, ini karena di dalam buah tersebut terdapat elemen anti-inflamasi yang kuat yaitu tanin dan terpenoid.


Senyawa ini akan membantu mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, yaitu suatu kondisi yang dikenal sebagai wasir.


Dengan menerapkan ekstrak buah dan daun ke daerah yang terkena akan mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan pendarahan sehingga perlahan akan memperbaiki wasir.



6. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing wuluh juga bisa memberikan manfaat luar biasa untuk fungsi sistem kekebalan tubuh.


Pada gilirannya, manfaat belimbing wuluh akan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dan kemudian mampu mengobati batuk dan pilek karena perubahan musim dan alergi.



7. Menjaga Kesehatan Tulang

Belimbing wuluh juga kaya akan kalsium, sehingga manfaat belimbing wuluh juga meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga integritas struktural kerangka dalam tubuh.


Makan ekstrak belimbing wuluh dalam bentuk buah kering, akan memberikan Moms manfaat yang sangat baik untuk tulang.



8. Mengobati Kram dan Nyeri Otot

Buah satu ini juga terbukti ampuh mengatasi nyeri otot dan kram dengan menjadikannya sebagai ramuan sederhana.


Moms bisa menumbuk halus satu butir belimbing wuluh besar, 10 butir cengkeh, dan 15 butir merica putih. Kemudian oleskan ramuan ini ke bagian tubuh yang terasa nyeri atau kram dan rasakan manfaat belimbing wuluh!




9. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat belimbing wuluh diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena ia mengandung antioksidan, serat, vitamin C, dan kalium di dalamnya.


Kalium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, sementara serat dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.


Selain itu, kandungan vitamin C di dalam belimbing wuluh juga mampu mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).


Manfaat belimbing wuluh juga datang dari kadar antioksidan yang tinggi. Ini berarti belimbing wuluh dapat mencegah kerusakan sel tubuh dan pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas.


Meski belimbing wuluh aman untuk dikonsumsi rutin, namun sejauh ini belum banyak bukti ilmiah. Oleh karena itu, tetap diskusikan dengan dokter jika hendak mencoba pengobatan alternatif menggunakan belimbing wuluh.


10. Mempercepat Penyembuhan Luka

Belimbing Wuluh Mempercepat Penyembuhan Luka


Saat Moms atau Si Kecil alami luka, maka tubuh membutuhkan kolagen untuk memperbaiki jaringan yang rusak tersebut. Supaya dapat memproduksi kolagen, tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang cukup.


Sama halnya dengan buah belimbing biasa, manfaat belimbing wuluh juga dipenuhi dengan vitamin C. Vitamin ini diketahui mampu merangsang pembentukan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit dan proses pemulihan luka.



11. Mengatasi Sakit Linu Akibat Rematik

manfaat belimbing wuluh-membantu kondisi rematik


Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah untuk mengatasi kondisi rematik. Ia bisa dapat dijadikan ramuan salep untuk mengatasi sendi-sendi yang linu.


Moms bisa menghancurkan belimbing wuluh beserta daunya kemudian tambahkan kapur sirih dan aduk bahan-bahan hingga semua tercampur rata.


Jika sudah, Moms bisa oleskan ramuan ke bagian sendi yang linu selama 2-3 kali sehari guna mendapatkan hasil maksimal. Namun, Moms juga perlu menghindari aktivitas yang bertumpu pada banyak tulang supaya bisa cepat pulih.



12. Bersifat Antimikroba

Sangat banyak mikroba yang dapat dibasmi oleh manfaat belimbing wuluh.


Sebuah penelitian mengungkap sedikitnya enam patogen tidak akan tahan dengan kandungan yang terdapat dalam buah berkulit hijau ini, yakni dua bakteria Gram-positif (Bacillus cereus dan Bacillus megaterium), dua bakteri Gram-negatif (Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa), serta dua jenis jamur (Aspergillus ochraceous dan Cryptococcus neoformans).


Selain itu, buah belimbing wuluh juga dapat mengurangi kandungan mikroba L. monocytogenes Scott A dan S. typhimurium pada udang mentah yang telah dicuci dan disimpan dalam suhu 4 derajat Celsius.


Dengan kata lain, belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai bahan alami pencuci udang sehingga aman untuk dikonsumsi.



13. Mengatasi Flu dan Batuk

manfaat belimbing wuluh-mengatasi batuk


Manfaat rebusan belimbing wuluh untuk kesehatan lainnya untuk mengatasi batuk dan pilek. Hal ini karena kandungan etanol di dalamnya. Bahkan hal ini sudah dipercaya oleh orang Brazil sejak 1876.


Saat mengalami batuk pilek, seseorang dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum banyak air putih.


Selain itu juga bisa mencoba menggunakan belimbing wuluh untuk mengobatinya. Namun, tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

facebook 24


14. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang tak boleh disepelekan adalah khasiatnya dalam mengobati jerawat. Buah yang tergolong murah dan mudah ditemukan ini dapat menjadi alternatif murah untuk mengobati jerawat.


Melansir Health and Benefit Times, belimbing wuluh mengandung saponin, suatu senyawa yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.


Caranya mudah, Moms hanya perlu mencucinya hingga bersih dan kemudian hancurkan beberapa belimbing sayur ini hingga halus. Setelah itu, oleskan ke wajah untuk digunakan sebagai masker wajah dan bilas setelah beberapa menit.


Kandungan asam dan zat anti inflamasi yang terdapat dalam buah ini diyakini mampu mengempeskan jerawat. Namun sebelum menggunakannya, diskusikan dahulu dengan dokter ya Moms.


15. Menjaga Kulit Awet muda

Seperti yang kita ketahui bahwa belimbing wuluh cukup kaya kandungan vitamin C. Kandungan vitamin ini penting untuk pembentukan kolagen dari dalam tubuh.


Kolagen sendiri penting untuk menjaga elastisitas kulit. Maka dari itu, manfaat belimbing wuluh berikutnya adalah menjadi kulit awert muda.


Aplikasi topikal maupun konsumsi belimbing wuluh sama-sama bermanfaat untuk menjaga kulit agar awet muda.


16. Mencerahkan Wajah

Mencerahkan kulit kusam dengan belimbing wuluh? Ternyata bukan hal tidak mungkin, lho.


Manfaat belimbing wuluh berikutnya akan membantu Moms meratakan warna kulit yang belang atau memudarkan flek pada wajah. Semua itu berkat kandungan vitamin C pada belimbing wuluh.


Gunakan belimbing wuluh yang sudah dihaluskan sebagai masker atau scrub. Terapkan pada kulit wajah atau tubuh, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.


Perhatikan Hal Ini Sebelum Konsumsi Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Moms sudah mengetahui ragam manfaat belimbing wuluh. Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan bila Moms ingin mulai mengonsumsinya.


Karena belum banyak penelitian ilmiah yang membuktikan semua khasiat yang disebutkan di atas, maka supaya lebih aman, disarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut saat hendak mengonsumsi belimbing wuluh:


Pastikan buah belimbing wuluh sudah cukup matang untuk dimakan.

Cuci buah belimbing wuluh di bawah air mengalir sampai bersih.

Pastikan tidak ada ulat atau kotoran yang tertinggal sebelum dimakan.


Itu dia Moms, ragam manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang patut disimak. Apakah Moms pernah mengonsumsinya? Manfaat apa saja yang pernah dirasakan?

Kandungan Belimbing Wuluh

Mengutip jurnal Archives of Pharmacy and Biological Science, dalam 100 gram belimbing wuluh, terkandung sekitar 30 gram kalori dan beragam nutrisi seperti:


2,8-3 gram serat

6,7 gram karbohidrat

60 IU vitamin A

35 miligram vitamin C

0,15 miligram vitamin E

12 mikrogram folat

130 miligram kalium

10 miligram magnesium

0,12 miligram zinc

Dalam belimbing wuluh juga terdapat vitamin B dan beragam jenis antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan flavonoid.


www.Begini.ID