Diet Mudah dengan Pepaya

 


BEGINI.ID: Pepaya merupakan salah satu buah yang terakhir diketahui sebagai menu paling panjur untuk turunan berat badan atau diet.

Buah yang memiliki ratusan bahkan bisa sampai ribuan biji ini, dipercaya dapat menahan lebih lama rasa lapar, ketimbang buah-buahan lainnya.

Selain itu, teksturnya yang lembut, membuat pepaya lebihnya man dan lebih mudah diterima oleh lambung dan usus.

Diet pepaya adalah salah satu metode menurunkan berat badan dengan menggunakan buah-buahan. Selama ini, pepaya dikenal sebagai buah yang bisa melancarkan sistem pencernaan saja. Padahal, pepaya juga dipercaya dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Bagaimana caranya?

Diet papaya untuk tubuh lebih ideal, ini langkahnya

Ikuti peraturan "ketat" diet pepaya

Sebelum mengenal cara menjalani diet pepaya, Anda harus tahu dulu bahwa diet pepaya memiliki “peraturan” yang ketat dan tidak cocok untuk pola makan semua orang. \Diet pepaya harus dilakukan selama 2-3 hari, dalam seminggu, dan dijalani sekitar 2-3 bulan. Berikut ini adalah panduan diet pepaya secara lengkap:

Sarapan Pagi

Diet pepaya harus dimulai sejak sarapan pagi. Pertama-tama, minumlah susu almond atau makanan sehat berserat lainnya, kemudian berikan jeda 30 menit. Setelah itu, makanlah pepaya. Jalani rutinitas sarapan pagi ini pada hari pertama dan kedua.

Makan Siang

Saat jam makan siang telah tiba, konsumsilah salad gandum utuh yang berisikan tomat, bayam, zaitun, dan bawang putih. Anda juga bisa menambahkan garam atau nasi, untuk memperkaya rasanya. Setelah itu, minumlah satu gelas jus pepaya.

Di hari kedua, ubahlah menu makan siang Anda dengan sayuran panggang, seperti bayam atau terong. Kemudian, minumlah jus pepaya.

Camilan Siang

Setelah makan siang, rasa lapar mungkin akan datang lagi. Jangan khawatir, Anda boleh mengonsumsi camilan siang berupa dua potong pepaya yang dicampurkan dengan nanas. Campurkan keduanya menjadi smoothies.

Camilan siang ala diet pepaya ini bisa mempertahankan rasa kenyang dan mencegah Anda mengonsumsi makanan secara berlebih.

Makan Malam



Untuk makan malam di hari pertama, siapkan satu mangkuk kaldu sayuran dengan jus lemon dan seledri. Jadikan jus pepaya sebagai minuman pelengkapnya.

Di hari kedua, Anda boleh memilih zucchini (timun jepang) dalam bentuk mie, kemudian konsumsi satu mangkuk pepaya sebagai makanan pencuci mulutnya.

Itulah tadi cara menjalani diet pepaya yang bisa Anda coba. Namun ingat, sebelum menjajal diet pepaya, berkonsultasilah dulu dengan dokter, supaya tidak ada efek samping yang merugikan diri Anda.

Mengapa diet pepaya dianggap ampuh turunkan berat badan?

Diet pepaya bisa bikin badan kurus, benarkah?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa diet pepaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Temukanlah jawabannya di bawah ini.

1. Kaya Akan Serat

Manfaat pepaya untuk diet datang dari kandungan seratnya. Sebab, makanan berserat tinggi sangat baik untuk pencernaan dan membantu Anda kenyang lebih lama. Inilah sebabnya, pepaya dan berbagai manfaatnya sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Perlu diketahui, satu buah pepaya berukuran sedang, mengandung 5 gram serat.

2. Melawan Peradangan

Manfaat pepaya untuk diet selanjutnya datang karena pepaya dipercaya mampu melawan peradangan. Pepaya mengandung papain, antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Papain bisa melawan peradangan yang kerap menyebabkan berbagai macam penyakit mengerikan.

Selain itu, beberapa studi juga membuktikan bahwa peradangan bisa memperlambat proses penurunan berat badan.

3. Melancarkan pencernaan

Pepaya mengandung papain dan chymopapain. Keduanya dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Apalagi, usus dan sistem pencernaan yang sehat, seringkali dikaitkan dengan penurunan berat badan yang optimal.

4. Melawan infeksi

Beberapa penyakit autoimun dapat mengganggu fungsi tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan. Untungnya, pepaya mengandung komponen bersifat antivirus dan antiparasit, yang bisa mencegah penyakit autoimun dan memerangi infeksi.

Untuk memperlengkap efektivitas diet pepaya, Anda diharapkan dapat menjalani gaya hidup sehat, mulai dari olahraga rutin dan istirahat teratur. Tanpa gaya hidup sehat, proses penurunan berat badan akan terganggu.

Sekali lagi, jangan coba-coba diet pepaya sebelum Anda berkonsultasi dengan ahli gizi ataupun dokter. Sebab, bisa saja Anda memiliki alergi pepaya atau kondisi medis lain yang membuat tubuh Anda tidak bisa menjalani diet pepaya ini.****

Lebih baru Lebih lama