Terkuak, Rahasia Hidup Sehat Wakil Gubernur Kepri



BEGNI.ID: Ingin hidup sehat? Ikuti tujuh langkah yang disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina ini. 


Hal tersebut ia sampaikan saat meresmikan Kampung Germas (Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di RW 004 Seiraya, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Minggu (4/12/2022). 


Marlin kembali menyampaikan tujuh pilar atau tujuh langkah penting dalam menjalankan gerakan tersebut, yang menjadi bagian penting mencegah berbagai masalah kesehatan masyarakat.


Yang pertama, kata Ketua Persatuan Istri Karyawan Badan Pengusahaan Batam (PIKORI BP Batam) ini, melakukan aktivitas fisik. Rutin berolah raga, atau melakukan gotong royong merupakan aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan.



"Mungkin ada waktu senam bersama. Ajak bapak dan ibu berolah raga bersama," kata Marlin.


Pilar yang kedua adalah makan sayur dan buah. Marlin yakin di Galang, sumber untuk mendapatkan sayur dan buah cukup banyak. 


Tanah di Kecamatan Galang yang subur menjadi salah satu pendukung banyaknya sayur dan buah. Tinggal menjadikan makan sayur dan buah sebagai kebiasaan, terutama kepada anak-anak.



Pilar ketiga, menurut Marlin agak berat untuk kaum lelaki. Pilar itu adalah tidak merokok. Kemudian pilar keempat adalah tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.


Tentang pilar ketiga, Marlin paham kebiasaan ini berat untuk mereka yang perokok. Tapi dia yakin secara perlahan, kebiasaan itu bisa berkurang bahkan berhenti. "Pelan-pelanlah. Agar kesehatan keluarga bisa tercapai," kata Marlin.


Yang kelima adalah melakukan pemeriksaan secara rutin. Marlin mengatakan dia memang selalu mengingatkan, terutama kepada kaum ibu agar ruting melakukan cek kesehatan secara berkala. "Ini kesehatan untuk kita," kata Marlin.



Dua pilar terakhir adalah menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. 


Tampak hadir pada peresmian Kampung Germas di Kelurahan Sembulang itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Hariyanti Jefridin, Kepala Bapelitbangda Kota Batam Dahlina Nopilawati, Kadis Perberdayaan Perempuan Kota Batam Novi Harmadyastuti, Camat Galang dan Ketua Kampung Germas Habib.(Banyu Ireng)

Lebih baru Lebih lama