Jangan Asal, Ini Tips Aman dan Etis Bersepeda di Jalan Raya Sesuai Aturan yang Berlaku

 Jangan Asal, Ini Tips Aman dan Etis Bersepeda di Jalan Raya Sesuai Aturan yang Berlaku

BEGINI.ID - Pengguna sepeda di jalan raya sering disebut sebagai penguasa jalan dan terkadang bersikap seenaknya sendiri. Beberapa waktu yang lalu media sosial twitter juga sempat dihebohkan dengan potret lelaki yang mengacungkan jari tengah kepada rombongan sepeda yang memenuhi jalan raya.

Hal ini tentu membuat pengendara sepeda motor kesulitan untuk menerobos pasukan sepeda tersebut. Apalagi mengingat kecepatan sepeda jauh lebih lamat dari sepeda motor, yang bisa menggambarkan kekesalan si pemotor. Agar tidak asal, ini tips aman bersepeda di jalan raya sesuai aturan yang berlaku:

Bersepeda di Jalur Khusus

Jalur khusus
Jalur khusus/pexels.com

Di berbagai kota-kota besar biasanya sudah menyediakan tanda area khusus untuk pesepeda. Namun jika tidak ada area tersebut, pesepeda dianjurkan untuk bersepeda di jalur paling kiri. Dan sangat dilarang untuk memenuhi area jalan, sebagaimana potret rombongan pesepeda yang viral. Maksimal hanya boleh ada dua sepeda bersisian dan tidak boleh lebih.

Hal ini sangat penting agar pengendara lainnya yang menggunakan sepeda motor dan mobil bisa mengenakan jalur lainnya dan melaju lebih cepat tanpa halangan pesepeda. Bagi pesepeda, masuk di jalur khusus ini juga bikin kamu tetap aman karena tidak diklakson dan tidak didesak pengendara lainnya dari belakang.

Patuhi Aturan Lalu Lintas

Aturan lalu lintas
Aturan lalu lintas/pexels.com

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mematuhi aturan lalu lintas. Pesepeda memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan pengendara sepeda motor dan mobil saat di jalan raya. Untuk itu, pesepeda juga harus mematuhi aturan lalu lintas seperti lampu merah, menghindari trotoar, zebra cross dan lainnya.

Selain itu, pesepeda juga tidak boleh melawan arus dan sembrono saat sedang di jalan raya. Sebab tak hanya membahayakan keselamatan diri tapi juga orang lain yang berada di sekitarnya.

Gunakan Atribut Keselamatan

Atribut keselamatan
Atribut keselamatan/pexels.com

Jangan lupa untuk mengenakan atribut keselamatan yang lengkap selama bersepeda. Mulai dari mengenakan helm, celana pendek, sepatu, kacamata, kaos kaki, sarung tangan, bike jersey dan lain sebagainya.

Selain itu, pesepeda sebaiknya melengkapi atribut sepeda agar aman dan selamat. Seperti halnya memastikan adanya bel, rem, lampu, spabor, reflektor, reflektor roda, pedal dengan reflektor dan lainnya.


Beri Tanda Saat Belok

Beri tanda
Beri tanda/pexels.com

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pesepeda di jalan raya adalah memberi tanda saat berbelok. Berbeda dengan pengendara motor atau mobil yang memiliki lampu sein, sepeda tidak memilikinya. Untuk itu, pastikan pesepeda memberi tanda dengan tangan saat hendak belok agar tidak membahayakan keselamatan diri. Sebaiknya jangan memberi tanda mendadak agar tidak mengejutkan pengendara di belakang.

Jaga Jarak Aman

Jaga jarak aman
Jaga jarak aman/pexels.com

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan agar aman dan etis saat berkendara di jalan raya adalah menjaga jarak aman. Saat jalanan ramai dan penuh sesak, usahakan agar tidak terlalu mepet dengan kendaraan lain. Hal ini menjaga agar kamu tidak tertabrak atau keserempet kendaraan yang lebih besar dan kencang.

Itulah 5 tips aman dan etis untuk pesepeda selama berkendara di jalan raya. Selalu hati-hati ya, ladies!

Lebih baru Lebih lama