Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

6 Bahan Pembersih Ampuh Angkat Kotoran Membandel Pada Alat Makeup

 

6 Bahan Pembersih Ampuh Angkat Kotoran Membandel Pada Alat Makeup

BEGINI.ID - Kebersihan alat makeup menjadi salah satu faktor yang ikut andil dalam menentukan kondisi wajahmu. Berbagai jenis makeup terbawa oleh brush yang kemudian berpindah ke permukaan kulit wajah. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan kebersihan dari alat makeup tersebut.

Dalam membersihkan alat makeup, kamu bisa menggunakan berbagai bahan pembersih untuk menghilangkan kotoran yang tertimbun lama. Beragam bahan tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit hingga tingkat seberapa kotornya alat makeup. 

Berikut, Beautynesia telah merangkum 6 bahan pembersih yang praktis dan terjamin ampuh untuk mengangkat kotoran pada alat makeup. Yuk kita simak ulasan berikut ini!

1. Air Hangat 

 
Air hangat dapat mengurai dan menghancurkan bakteri jahat yang menempel pada alat make up.
Ilustrasi merendam alat makeup dengan air hangat/Pinterest.com/buzzfeed


Meskipun terkesan biasa, air hangat menjadi bahan pembersih pertama yang ampuh untuk menjaga kebersihan dari alat makeup milikmu lho ladies. 

Berbagai penelitian membuktikan bahwasanya suhu panas pada air dapat membasmi berbagai macam bakteri tak terkecuali kotoran pada alat riasan wajah. Diketahui bakteri serta kotoran memiliki ketahanan yang lemah terhadap suhu panas sehingga mudah terurai dan hancur saat direndam menggunakan air hangat. 

Selain mudah untuk didapatkan, proses pembersihan dengan air hangat juga sangatlah praktis untuk dilakukan. Cukup siapkan satu baskom yang sudah terisi penuh dengan air hangat. Selanjutnya masukan satu persatu alat makeup dan bersihkan setiap sela dari brush dan alat lainnya. Jangan lupa untuk mengganti air panas yang sudah kotor agar bakteri tidak berpindah ke alat riasan wajah yang lain. 

2. makeup Remover 

Cairan make up remover juga bisa kamu gunakan sebagai bahan pembersih alat rias wajah.
Tak cuma wajah, makeup remover juga dapat membersihkan peralatan makeup/Pinterest.com/wefashiontrends


Tak cuma berfungsi untuk membersihkan makeup pada wajah, cleanser atau makeup remover juga ampuh untuk mengangkat kotoran pada peralatan makeup yang kamu gunakan. Segala bahan pembersih yang terkandung pada cairan make up remover dapat menyapu semua kotoran yang bersembunyi.

Sama halnya dengan pembersihan pada umumnya, kamu cukup membasuh alat makeup dengan makeup remover sambil ditekan perlahan agar kotoran dapat terangkat. Kegiatan ini dianjurkan untuk diterapkan secara rutin sesudah menggunakan makeup. Tujuannya agar bekas makeup tidak menempel terlalu lama dan nantinya malah sulit untuk dihilangkan. 


3. Minyak Zaitun 

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih untuk mengangkat kotoran pada alat make up.
Ilustrasi Minyak Zaitun Sebagai Pembersih Alat makeup/Freepik.com


Selain sabun ataupun produk pembersih dalam kemasan, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk membersihkan alat makeup lho. 

Terkenal dengan segudang manfaat untuk kulit, minyak zaitun juga dipercaya dapat mengangkat sisa-sisa makeup pada alat rias hingga jenis makeup waterproof sekalipun. Bahan alami yang satu ini juga bisa menjadi pengganti makeup remover yang digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa makeup.

Meskipun belum terolah seperti produk pembersih kebanyakan, pemakaian minyak zaitun sangatlah praktis dan mudah untuk dilakukan. Balurkan segala alat makeup dengan air yang telah dicampur dengan 1 sendok minyak zaitun. Berikan pijatan lembut hingga kotoran terangkat lalu bilas dan keringkan. 

4. Sabun Cair atau Shampoo 

Sabun cair hingga shampoo biasa juga mampu mengangkat kotoran pada alat make up.
Ilustrasi Membersihkan Alat makeup dengan Sabun atau Shampoo/Pinterest.com/thekrazycouponlady


Persediaan makeup remover habis atau tak ada waktu mencari minyak zaitun? Tenang ladies, kamu tetap bisa membersihkan alat rias menggunakan shampoo dan sabun cair biasa. 

Sabun cair serta shampoo berperan sebagai bahan pembersih yang dapat menjaga kesehatan kulit hingga kebersihan dari alat makeup sekalipun. Dengan beragam zat pembersih, sabun cair mampu menghilangkan serta mengangkat segala bakteri yang bersembunyi pada perlengkapan kecantikan milikmu. 



5. Sabun Bayi 

Kamu bisa menggunakan sabun bayi untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.
Ilustrasi Mencuci Brush dengan Sabun Bayi/Pinterest.com/meg.o


Jika kamu merasa sabun cair ataupun shampoo memiliki kandungan yang terlalu keras, kamu bisa mengganti bahan pembersih tersebut dengan sabun yang lebih lembut salah satunya yakni sabun bayi. 

Memiliki kandungan pembersih yang tidak terlalu tinggi menjadikan sabun bayi sebagai produk pembersih alat makeup yang paling aman dan ramah untuk digunakan. Formulasi pembersih yang lembut dapat mengangkat kotoran serta bakteri tanpa merusak kondisi dari alat makeup itu sendiri. Hal ini juga akan menjaga wajahmu agar selalu sehat dan terhindar dari resiko pembersih yang terlalu keras. 

Ingat ya Ladies, selalu perhatikanlah kandungan pada bahan pembersih yang kamu gunakan. Jangan sampai hanya karena salah dalam memilih, kondisi wajahmu malah terganggu dan memunculkan dampak tidak diinginkan lainnya.

6. Sabun Khusus Alat makeup 

Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa menggunakan sabun pencuci khusus alat make up.
Ilustrasi Penggunaan Sabun Khusus Alat makeup/Pinterest.com/livesimply


Sudah mencoba beragam produk pembersih dari shampoo hingga cleanser tetapi kotoran masih saja betah menempel? Mungkin kamu membutuhkan sentuhan cleanser yang lebih extra.

Ya, sabun khusus alat makeup hadir dengan kandungan pembersih yang lebih tinggi dari cleanser pada umumnya. Dirancang khusus untuk alat makeup, pembersih yang satu ini dinilai ampuh untuk menghempaskan segala jenis kotoran yang sudah tertimbun dalam waktu yang lama. 

Tidak hanya membersihkan, perawatan dengan sabun khusus juga menjaga kelembutan dari alat rias sehingga selalu nyaman saat digunakan. Kotoran yang terangkat dengan sempurna juga semakin memaksimalkan kualitas serta ketahanan pakai sehingga tidak mudah rusak meskipun terus menerus kamu gunakan di setiap harinya. 

www.Begini.ID