4 Bahan Alami Rumahan untuk Atasi Bibir Pecah-pecah, Murah dan Gampang Ditemui!

 4 Bahan Alami Rumahan untuk Atasi Bibir Pecah-pecah, Murah dan Gampang Ditemui!

BEGINI.ID - Bibir pecah-pecah merupakan kondisi di mana bibir menjadi kering, sakit sehingga tampilannya menjadi pecah-pecah. Biasanya bibir pecah-pecah ini rentan dialami pada saat cuaca dingin, suhu udara yang terlalu kering dan kurangnya asupan cairan dalam tubuh alias dehidrasi.

Dikutip dari Insider, bibir berbeda dengan bagian kulit lainnya karena tidak memiliki kelenjar minyak dan tidak dapat menghasilkan minyak alami untuk mencegah bibir menjadi kering. Oleh sebab itulah, jika tidak dirawat dengan tepat, kondisi bibir pecah-pecah bisa semakin buruk dan tampak tidak sehat.  

Ada banyak cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah ini. salah satunya adalah dengan penggunaan produk lip care. Namun ternyata, selain produk siap pakai, terdapat pula bahan alami rumahan yang tidak kalah praktis dan mudah ditemukan untuk mengobati bibir pecah-pecah.

Apa saja bahan alami rumahan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa untuk bibir pecah-pecah/ Foo: Freepik.com
Minyak kelapa untuk bibir pecah-pecah/ Foo: Freepik.com

Bahan alami rumahan pertama yang bisa dicoba adalah minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan emolien yang bagus untuk mengunci kelembapan pada bibir dan mencegahnya mengering. Selain itu, minyak kelapa juga mempunyai sifat anti inflamasi sehingga membantu meredakan rasa sakit yang kemungkinan akan turut menyertai bibir pecah-pecah.

Sifat antibakteri pada minyak kelapa juga turut membantu menjaga bibir terbebas dari kuman dan mencegah infeksi pada luka terbuka. Untuk menerapkannya pada bibir, kamu bisa beri tambahan sedikit gula sebagai agen exfoliator supaya sel-sel kulit mati ikut tersingkir.


2. Madu

Madu membantu mengobati bibir pecah-pecah/ Foto: Freepik.com
Madu membantu mengobati bibir pecah-pecah/ Foto: Freepik.com

Bahan alami yang satu ini juga tidak kalah bagus untuk mengobati bibir pecah-pecah. Madu sendiri memiliki sifat humektan yang artinya dapat menarik kelembapan dari udara. Oleh sebab itu, mengoleskan madu ke area bibir yang pecah-pecah akan membuatnya lebih lembap. Selain itu, madu juga dikenal dengan khasiat penyembuhannya dan dapat meredakan luka dan retakan pada bibir pecah-pecah.

Madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah terjadinya infeksi pada area yang mengalami retakan. Konstantin Vasyukevich, MD selaku ahli perawatan kulit menjelaskan bahwa madu bekerja sebagai exfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit kering dan sel kulit mati pada bibir.

3. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya untuk bibir pecah-pecah/ Foto: Freepik.com
Gel lidah buaya untuk bibir pecah-pecah/ Foto: Freepik.com

Tanaman  dengan banyak khasiat ini juga bisa digunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah lho, Beauties. Gel lidah buaya mengandung mineral, antioksidan, vitamin dan bersifat anti inflamasi yang dapat menghidrasi sekaligus menenangkan bibir pecah-pecah.

Selain itu, lidah buaya ini juga mengandung molekul yang disebut polisakarida yang membantu mengikat kelembapan, sehingga bibir tetap terhidrasi. Polisakarida ini pula yang mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel kulit baru yang membantu luka lebih cepat sembuh.

4. Gula

Gula sebagai exfoliator untuk bibir pecah-pecah/ Foto: Freepik.com
Gula sebagai exfoliator untuk bibir pecah-pecah/ Foto: Freepik.com

Nah, bahan rumahan yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk membantu mengobati bibir pecah-pecah. Butiran kasar gula merupakan eksfoliator yang baik untuk bibir pecah-pecah. Menggosok bibir dengan gula dapat membantu menyingkirkan lapisan atas sel kulit mati, mengelupas dan membuatnya terasa kenyal.

Perlu Beauties ketahui bahwa ketika sel-sel kulit mati yang menumpuk pada bibir dapat mencegah bibir mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan. Oleh karenanya, melakukan eksfoliasi atau pengelupasan adalah salah satu jalan keluar.

Gosokkan gula ditambah dengan sedikit campuran minyak kelapa ataupun madu dengan lembut pada bibir, kemudian diamkan selama beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih. Ulangi setiap hari supaya hasilnya lebih maksimal.

Lebih baru Lebih lama