7 Pekerjaan yang Paling Dicari Selama Pandemi Covid-19

 7 Pekerjaan yang Paling Dicari Selama Pandemi Covid-19

BEGINI.ID - Beauties, menurut data, selama pandemi covid-19 perekonomian setiap perusahaan memang jadi cukup berpengaruh. Dari hal ini, ada yang 'memaksa' perusahaan jadi mengurangi jumlah karyawan yang akhirnya berdampak pada perekonomian setiap individu atau keluarga.

Meski begitu, menurut laman lowongan pekerjaan Jobstreet Indonesia, ada beberapa pekerjaan yang justru paling dicari saat masa pandemi covid-19. Berikut Beautynesia jabarkan beberapa di antaranya:

Web Developer

Pandemi, covid-19, WFH, PPKM
Menjadi web development selama pandemi/pexel.com/negative space

Sejak dimulainya era pandemi, masyarakat mau tak mau, mulai membiasakan diri dengan teknologi dan menjalani kegiatan secara online, tak terkecuali pada saat berbelanja atau sekadar mencari informasi terbaru.

Oleh karenanya, pekerjaan web developer menjadi sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan tugas web developer yakni sebagai pengembang dan pemelihara laman situs, sangat dibutuhkan agar stabilitas situs tetap terjaga.

Digital Marketing

Masyarakat zaman sekarang yang gemar bertransaksi secara daring, mengharuskan banyak perusahaan memutar otak agar tidak kehilangan para pelanggan. Nah, tugas ini biasa diemban oleh para digital marketing.

Selayaknya seorang marketing, seorang digital marketing juga bertugas untuk menawarkan dan menjual produk atau jasa milik perusahaan di platform digital.


SEO Specialist

Pandemi, covid-19, WFH, PPKM
Menjadi SEO/pexel.com/fauxel

SEO (Search Engine OptimizationSpecialist adalah seseorang yang berperan dalam memaksimalkan pemasaran, melalui mesin pencarian agar konten yang diunggah pada laman perusahan lebih mudah menjangkau para konsumen. Sehingga, harapannya pengunjung situs akan lebih meningkat dari biasanya.

Beauties, hal ini dilakukan dengan cara menerapkan keyword tertentu sebagai strategi yang diterapkan pada konten yang diunggah. Pekerjaan sebagai SEO ini sangat berkesinambungan dengan teknik copywriting dan para content writer.

Social Media Strategist

Kamu pasti pernah melihat konten dari beberapa brand ternama atau dari online shop lokal yang memiliki banyak follower terlihat begitu menarik dan enak dipandang. Ternyata, 'otak' di balik tatanan konten dan feed yang menarik, followers yang terus meningkat hingga analisis konten yang sesuai dengan trend pasaran adalah peran dari social media specialist.

Mereka juga bertugas untuk melampirkan laporan hasil analisis mereka dalam kurun waktu tertentu. Ditambah kamu dan banyak orang di luar sana yang selalu menghabiskan waktu banyak, untuk scrolling sosial media selama pandemi ini.

UI/UX Designer

Pandemi, covid-19, WFH, PPKM
Menjadi designer untuk perusahaan/pexel.com/kaboompic.com

Istilah ini mungkin agak asing di telinga. UI Designer adalah orang yang bertugas untuk mengubah tampilan aplikasi atau web site agar lebih mudah digunakan dan lebih menarik para pengguna. Sedangkan, UX Designer adalah orang yang menganalisis karakteristik para pelanggan atau pengguna, di mana hasilnya akan menjadi dasar UI Designer melakukan pekerjaannya.

Pekerjaan ini biasanya dicari oleh perusahaan besar atau para online shop untuk menjaga traffic dagang mereka tetap stabil.

Data Science

Pandemi, covid-19, WFH, PPKM
Menjadi ahli data science/pexel.com/Mosntera

Hampir sama dengan data analyst, ahli data science juga bekerja untuk menganalisis pola suatu data. Yang membedakan adalah para ahli data science bekerja secara matematis dengan menggunakan rumus untuk mencari dan mengolah data yang diinginkan.

Nah, data hasil data yang diperoleh oleh para ahli data science-lah yang nantinya dapat memperkuat informasi analisis dari para ahli data analyst.

Information Security (InfoSec)

Penggunaan teknologi yang canggih memang akan sangat memudahkan pengolahan informasi. Sehingga, pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien. Namun, meningkatnya teknologi dan informasi juga membuatnya harus memiliki proteksi yang lebih. Untuk itu pekerjaan sebagai information security sangat dibutuhkan agar informasi yang sudah diperoleh dan diolah oleh perusahaan tetap terjaga keamanannya.

Lebih baru Lebih lama