7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruangan Jadi Tidak Nyaman

 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruangan Jadi Tidak Nyaman

BEGINI.ID -  

Mendekorasi kamar atau rumah memang menyenangkan. Apalagi selama pandemi Covid-19. kita menjadi lebih sering di rumah. Tapi hati-hati ya, salah trik mendekorasi malah bisa membuat ruangan jadi terlihat sempit dan nggak nyaman. Coba hindari 7 kesalahan umum saat mendekorasi rumah atau ruanganmu ini yang Beauties.

1. Tidak Memperhatikan Ukuran Ruangan dan Furnitur

Interior design of living room at modern home with stylish furnitures. Design home decor. Template.Interior design of living room at modern home with stylish furnitures. Design home decor. Template./ Foto: Getty Images/iStockphoto/FollowTheFlow

Kesalahan paling umum saat memilih perabot ataupun furnitur adalah, tidak mengukur luas ruangan dan membandingkannya dengan furniture yang dipilih.

""Satu kesalahan terbesar yang saya lihat adalah ketika orang tidak memperhatikan skala furnitur dan luas ruangannya. Baru-baru ini melihat ruang tamu besar yang indah tapi furnitur-nya terlalu kecil dan menyisakan banyak ruang di sisi lain ruangannya," papar desainer interior Cara Woodhouse dariCara Woodhouse Interiors, seperti dilansir Hai Bunda dari Vogue.

Pastikan kamu tahu jelas ukuran ruanganmu dan biasakan untuk mengecek ukuran furnitur pilihanmu.


2. Salah Ukuran Karpet

Seimbangkan perabotan vintage dengan karpet modern.Seimbangkan perabotan vintage dengan karpet modern./ Foto: Astari Dewi Larasati


Karpet biasanya menjadi dekorasi yang cantik bagi rumah atau ruangan. Tapi salah pilih ukuran jadinya bisa fatal.

Ukuran karpet yang tidak tepat akan merusak penampilan sebuah ruangan. Terutama jika karpet terlalu kecil.

Elizabeth Sesser dari perusahaan interior dan arsitektur Ike Kligerman Barkley, mengatakan bahwa perabotan yang besar perlu di letakkan di atas karpet besar. Ukurannya harus melebihi lebar dan panjang furniture sehingga tidak terkesan kekecilan.

"Saat menempatkan karpet kecil di bagian depan furnitur atau hanya setengah di bawah perabotan maka cenderung membuat ruangan terasa lebih kecil dan terlihat memaksa," jelasnya.

3. Aksesori Lebay

Christmas decoration   with burning candles on  white table against the background of  sofa with plaids and pillows. Cozy home and holiday conceptChristmas decoration with burning candles on white table against the background of sofa with plaids and pillows. Cozy home and holiday concept/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Maya23K


Aksesori untuk rumah memang lucu-lucu ya. Memilihnya pun terasa menyenangkan. Tapi jangan sampai berlebihan ya Beauties. Nanti malah rumahmu terlihat berantakan.

"Kesalahan terbesar yang sering dilakukan hingga membuat rumah menjadi terlihat berantakan adalah begitu banyak pernak-pernik di dalam sebuah ruangan," ujar Gillian Segal, pendiriGillian Segal Design.

4. Hiasan Dinding yang Nggak Tepat

Tanaman hias/pexels.comTanaman hias/pexels.com/ Foto: detik


Hiasan dinding bisa membuat rumah atau ruangan menjadi lebih menarik dan artsy. Tapi hati-hati juga memilih hiasannya. Jika tidak tepat akan memebgaruhi keseluruhan ruangan.

"Pada akhirnya ini akan mempengaruhi penampilan seluruh ruangan. Orang sering menggantung hiasan dinding terlalu tinggi, terutama di ruang keluarga atau ruang tamu," kata Rodgers.

Karya seni yang digantung terlalu tinggi bisa membuat penampilan ruang menjadi berantakan. Letakkan karya seni di tengah dinding menjadi solusi paling ideal.


Lebih baru Lebih lama