Ampuh! Ini 6 Bahan Alami yang Ada di Rumah untuk Redakan Sakit Gigi

 Ampuh! Ini 6 Bahan Alami yang Ada di Rumah untuk Redakan Sakit Gigi

BEGINI.ID - Rasa nyut-nutan ketika sakit gigi memang cukup menyakitkan dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Solusi terbaik untuk meredakan dan mengobatinya adalah pergi ke dokter gigi. Namun di masa pandemi covid-19 ini, kita merawa was-was dan takut terpapar virus.

Pilihan lain untuk meredakan sakit gigi yakni menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Beauties, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit gigi.

Arang

Arang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi dan benda tersebut mudah ditemukan di rumah
Arang bisa digunakan untuk redakan sakit gigi/ Foto: Freepik/ Pvproductions

Arang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi dan benda tersebut mudah ditemukan di rumah. Dikutip dari laman Everyday Health, arang merupakan zat yang berasal dari karbon. Selain untuk sakit gigi, arang juga digunakan di rumah sakit sebagai obat untuk keracunan karena bisa menghentikan penyerapan bahan kimia di perut.

Caranya, kamu haluskan arang dan campurkan dengan air secukupnya hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada kain kasa dan gigit pada gigi yang sakit.


Cengkeh

Cengkih memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami
Cengkeh digunakan untuk redakan sakit gigi/ Foto: Freepik/ Azerbaijan_stockers

Cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Selama berabad-abad cengkeh telah digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi di China dan India. Caranya, gunakan cengkeh yang sudah kering dan kunyah secara perlahan untuk melepaskan minyak yang ada pada cengkeh, kemudian tahan cengkeh tersebut pada gigi yang sakit selama 30 menit.

Penggunaan cengkeh dilakukan karena terdapat eugenol yakni senyawa yang bertindak sebagai anestesi alami dan memiliki sifat antiinflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu melawan infeksi pada gigi dan gusi.

Daun Jambu Biji

Daun Jambu biji bisa atasi sakit gigi
Daun Jambu biji bisa atasi sakit gigi/ Foto: Freepik/ flatart

Daun jambu biji memiliki antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka, antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengunyah daun tersebut atau bisa dengan merebus daun jambu biji untuk dijadikan obat kumur.

Air Garam

Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi
Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi. Mengutip laman Healthline, manfaat air garam bisa membantu membersihkan kotoran yang bersarang di rongga atau di antara gigi, bisa mengurangi pembengkakan, meningkatkan penyembuhan dan meredakan sakit tenggorokan.

Kamu bisa melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 30 detik. Kamu bisa berkumur secara rutin selama diperlukan.


Bawang Putih

Bawang putih untuk redakan sakit gigi
Bawang putih untuk redakan sakit gigi/ Foto: Freepik/ Jcomp

Selama bertahun-tahun, bawang putih telah digunakan sebagai obat sakit gigi karena berkhasiat untuk membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi dan bisa meredakan nyeri. Cara menggunakannya, kamu bisa menghaluskan bawang putih dan tambahkan sedikit garam, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Es Batu

Es batu untuk redakan sakit gigi
Es batu untuk redakan sakit gigi/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Es batu bisa meredakan sakit gigi, kamu bisa mengompres di bagian yang sakit untuk menghilangkan rasa yang sedang kamu alami. Ketika kamu menempelkan di bagian yang sakit, pembuluh darah di area tersebut akan menyempit, mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan serta peradangan. Kamu bisa menggunakan es batu yang dibalut dengan handuk lalu tempelkan pada pipi di bagian yang sakit selama 20 menit dan ulangi setiap beberapa jam.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan gigi yang sakit. Ketika kamu  tidak bisa pergi ke dokter, maka bisa menggunakan bahan alami untuk redakan sakit gigi.

Lebih baru Lebih lama