Komedo Hitam Membandel? 3 Bahan Ini Harus Ada di Skincare Routine Kamu

 Komedo Hitam Membandel? 3 Bahan Ini Harus Ada di Skincare Routine Kamu

BEGINI.ID - Komedo hitam atau blackhead terasa annoying, ya, Beauties? Bukan hanya sebagai indikator kulit kotor dan bermasalah, tetapi juga membuat penampilan jadi tidak enak dipandang. Permasalahan kulit yang satu ini tentu bisa dicegah, salah satunya dengan rajin membersihkan wajah.


Selain itu, kamu juga bisa menghindari produk pemicu komedo atau comedogenic dan oil-free, serta rajin menggunakan . Namun, jika komedo sudah terlanjur bersarang di wajahmu, terutama area hidung, kamu bisa memilih produk dengan komposisi khusus, seperti tiga bahan aktif di bawah ini. Apa saja? Let's scroll down!

Asam Salisilat 

Kandungan asam salisilat atau salicylic acid merupakan bahan pengusir blackhead membandel. Dikutip dari Healthline, kamu bisa menemukan bahan ini dalam produk rangkaian pembersihan atau pelembab.

Komedo dan pori-pori besar pada wajah dapat menggganggu penampilan / foto: freeimages.com/jeffbergenKomedo. (Foto: freeimages.com/jeffbergen)/ Foto: Neysa Alicia

Caranya yaitu dengan mengoleskan langsung ke kulit atau mengaplikasikan sebagai spot treatment untuk komedo. Karena bahan ini bisa membuat kulit kering, sebaiknya kamu nggak menggunakannya setiap hari untuk menghindari iritasi. 

"Karena larut dalam minyak, ia mampu menembus pori-pori dan kelenjar minyak secara mendalam untuk memecah kotoran dan sebum," jelas dr. Rodney, seorang dokter kulit di Maryland, dikutip dari Good Houskeeping. 

Retinoid

Bahan aktif selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir komedo hitam membandel adalah retinoid. Produk dengan kandungan retinoid baik dipakai pada malam hari karena paparan sinar ultraviolet (UV) pada bahan ini bisa meningkatkan resiko kanker.

komedo suryaKomedo. (Foto:pexels.com/id-id/sam lion)/ Foto: Izzul Millati Umami

Dikutip dari Healthline, gunakan retinoid 20-25 menit setelah mencuci muka. Oleskan retinoid seukuran kacang polong ke area blackhead berada. Kamu bisa menggunakan retinoid setiap malam selama kulit tidak menunjukkan tanda-tanda kekeringan atau iritasi.


Retinoid merupakan turunan vitamin A yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit anti penuaan. Namun, retinoid topikal menjadi pengobatan tingkat pertama untuk masalah komedo.

Cara kerja retinoid adalah dengan membuka pori-pori yang tersumbat dan mempengaruhi pertumbuhan sel kulit. Oiya, buat kamu yang ingin berencana hamil atau sudah hamil, tidak disarankan menggunakan produk ini, ya, karena berpotensi mengganggu perkembanga janin.

Benzoyl Peroxide

Alergi kosmetik juga bisa ditandai dengan munculnya jerawat dan komedo.Komedo. (Foto: freepik.com/cookie_studio)/ Foto: Ade Irma Suryani

Pilihan bahan selain dua bahan di atas yang efektif dan sedikit lebih kuat untuk komedo adalah benzoil peroksida atau benzoyl peroxide. Bahan ini membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan membantu membukanya.

Dikutip dari Good Houskeeping, menurut dr. Robyn Gmyrek, M.D., dokter kulit di Park View Laser Dermatology di New York City, jangan menggunakan bahan ini secara berlebihan dari yang direkomendasikan pada petunjuk kemasan produk, karena hal tersebut dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.

Lebih baru Lebih lama