4 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Sekali Melontarkan Kata 'Maaf'

 4 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Sekali Melontarkan Kata 'Maaf'

BEGINI.ID - Ketika kita berbuat salah pada orang lain pasti kata yang akan terlontarkan adalah kata maaf. Namun Beauties, ternyata tidak semua orang mudah untuk mengucapkan kata tersebut.

Ada sebagian orang yang susah sekali untuk sekedar mengucapkan kata sorry atau maaf, ketika sudah jelas berbuat kesalahan. Nah pasti kamu jadi bertanya-tanya kan, apa sih alasan orang tersebut enggan sekali bilang maaf, mungkin ini dia empat alasan yang bisa jadi penyebabnya. 

1. Menganggap Kesalahan yang Ia Lakukan Itu Wajar

Menganggap Kesalahan yang Ia Lakukan Itu Wajar
Menganggap Kesalahan yang Ia Lakukan Itu Wajar/pexels.com/@alexander

Alasan pertama kenapa seseorang susah untuk bilang maaf yaitu, karena menganggap kesalahan yang ia lakukan adalah hal yang wajar. Hmm, ada lho orang seperti ini yang nggak punya rasa bersalah ketika sudah jelas melakukan kesalahan.

Ia menganggap apa yang ia lakukan masih batas wajar dan nggak perlu dibesar-besarkan. Menyebalkan sekali punya teman seperti ini, dia cenderung egois dan tidak memikirkan perasaan orang lain. 

2. Gengsi untuk Meminta Maaf Duluan

Gengsi untuk Meminta Maaf Duluan
Gengsi untuk Meminta Maaf Duluan/pexels.com/@ron lach

Alasan selanjutnya yaitu, ia orang yang gengsi untuk meminta maaf duluan. Harusnya ia sadar diri, ketika berbuat salah entah itu disengaja atau tidak untuk meminta maaf duluan.

Ya mungkin dalam hati kecilnya ia menyesal dan merasa bersalah, namun nyatanya untuk berucap kata maaf di mulut saja sangatlah berat. Ya inilah yang dinamakan gengsi, buat kamu kalau melakukan kesalahan jangan ragu untuk mengakui dan meminta maaf duluan ya. 

3. Ia Malu untuk Bilang Maaf

Ia Malu untuk Bilang Maaf
Ia Malu untuk Bilang Maaf/pexels.com/@nelson ribeiro

Selain dua poin di atas alasan seseorang susah bilang maaf yaitu, karena ia malu. Selain gengsi yang gede, bagi orang yang tidak ikhlas atau nggak legawa minta maaf jadi hal yang sangat memalukan.

Ia menganggap jika minta maaf duluan, akan menurunkan harga dirinya di depan orang tersebut. Padahal minta maaf adalah bukti kebesaran hati dan pembebasan dari rasa bersalah. 


4. Ia Tipe Orang yang Menebus Kesalahan dengan Tindakan

Menebus Kesalahan dengan Tindakan
Menebus Kesalahan dengan Tindakan/pexels.com/@rodnae production

Ada lho orang yang sulit untuk bilang maaf, bukan karena tidak merasa bersalah atau abai dengan kesalahan yang ia lakukan. Namun, ia adalah orang yang tidak suka bertele-tele yang mana ketika ia berbuat salah akan menebusnya dengan perbuatan.

Misal dengan membelikanmu makanan favorit, mengajak jalan supaya perasaanmu jadi lebih baik, dan tindakan nggak diduga yang lain. Hal ini sebagai bukti bahwa dia menyesal telah melakukan kesalahan tersebut dan ingin membuatmu bisa memaafkannya. 

Itulah empat alasan kenapa seseorang susah bilang maaf. Alangkah baiknya jika sadar melakukan kesalahan segeralah untuk meminta maaf duluan. Bukan malah menghindar atau merasa paling benar. 

Lebih baru Lebih lama