Enak dan Sehat, 5 Buah Ini Bikin Kulit Auto Glowing Alami! Ada Buah Favoritmu Nggak?

 


BEGINI.ID - Kulit glowing dan cerah merona, siapa, sih, yang tidak ingin? Kini ada banyak cara yang digunakan demi mendapatkan kulit glowing yang diidam-idamkan. Penggunaan skincare menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan banyak orang.

Namun selain menggunakan skincare atau serangkaian produk perawatan, ternyata ada hal lain yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan kulit glowing. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan.

Tidak hanya membuat kulit glowing secara alami, namun mengonsumsi buah-buahan juga baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa buah-buahan ini diketahui memiliki kandungan yang bisa membuat kulit kamu auto glowing.

Kira-kira buah-buahan apa saja, ya? Yuk, cari tahu!

Mangga

3 Olahan Mangga Bikin Ngiler/Pixabay.comMangga/Foto: Pixabay.com

Selain terkenal lezat dan menyegarkan, buah satu ini juga memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kulit. Mangga mengandung vitamin A, C, E, dan K dan memiliki sifat yang mampu menyembuhkan luka. Sehingga, mangga dinilai efektif dalam mengurangi garis-garis halus dan bekas jerawat.

Mangga juga memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu melindungi kulit dari segala jenis kerusakan DNA. Selain itu, mangga juga dapat meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi cerah alami.

Selain dikonsumsi langsung atau dibuat smoothies, kamu juga bisa menggunakan mangga sebagai masker untuk mendapatkan kulit yang glowing. Namun, jika kulit kamu sensitif dan rentan berjerawat, hindari mengonsumsi mangga secara berlebihan ya! Karena panas yang dihasilkan buah mangga dalam tubuh bisa memicu timbulnya jerawat

Apel

Buah ApelApel untuk kulit glowing/Foto: Pexels.com/Matheus Cenali

Apel terkenal menjadi buah serbaguna yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Apel kaya akan vitamin A dan C, di mana kedua vitamin ini berperan penting dalam melindungi serta menjaga kulit agar tetap bersinar alias glowing. Apel juga mengandung antioksidan tertentu yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh.

Saat mengonsumsi apel, pastikan kamu tidak membuang kulitnya ya, Beauties! Sebab, kulit apel kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit. Remember, an apple a day keeps the skin problems away!

Pepaya

Vitamin C, serat dan karotenoid yang terdapat dalam pepaya bisa mempercepat tumbuhnya rambut dan membantu kesehatan kulit kepala.Pepaya/Foto: Freepik/ Racool_studio

Buah yang terkenal dapat membantu melancarkan pencernaan ini juga wajib kamu konsumsi jika ingin memiliki kulit glowing. Ini karena pepaya kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, seperti vitamin A, B, dan C serta magnesium, tembaga, dan kalium.

Melansir dari Netmeds, enzim papain dalam pepaya dapat berperan sebagai eksfoliator kulit dan mengangkat sel-sel mati, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan kenyal. Selain itu, pepaya dapat menghilangkan bekas luka dan pigmentasi yang tidak merata pada kulit. Pepaya juga memiliki sifat mencerahkan kulit serta dapat membantu menghilangkan noda.

Sama halnya seperti mangga, selain dikonsumsi langsung atau dibuat smoothies, kamu juga bisa membuat pepaya menjadi masker, lho! Ambil sepotong kecil pepaya dan hancurkan perlahan. Oleskan pada wajah dan bilas setelah 10 hingga 15 menit.


Semangka

Skincare dengan Semangka untuk Merawat Kulit/foto: freepik.com/lookstudioSemangka untuk kulit glowing alami/Foto: freepik.com/lookstudio

Buah yang cocok dikonsumsi saat hari panas ini rupanya juga bisa membuat kulit glowing, khususnya bagi tipe kulit berjerawat atau sensitif. Semangka memiliki kandungan 92 persen air yang sangat ideal untuk membuang racun berbahaya di kulit, melembabkan kulit, sekaligus melancarkan sistem pencernaan.

Semangka kaya akan vitamin A, B1, B6, dan C dan merupakan eksfoliator alami yang baik untuk kulit. Semangka juga mengandung banyak likopen yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit dengan menghilangkan radikal bebas. Nggak cuma segar saat dikonsumsi, tapi juga memiliki segudang manfaat untuk kulit, nih!

Pisang

Diet pisang untuk menurunkan berat badan/ Foto: Freepik.comPisang/Foto: Freepik

Last but not least, buah yang selalu tersedia sepanjang tahun ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan kulit glowing secara alami. Pisang telah terbukti memiliki sifat untuk penyembuhan kulit. Contohnya, kulit buah pisang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Selain kaya akan serat, vitamin A, C, E, dan K, pisang juga mengandung banyak fosfor, magnesium, kalium, dan kalsium. Pisang juga memiliki sifat antioksidan dan dapat melembabkan kulit dengan baik.

Konsumsi setidaknya satu buah pisang di pagi hari. Kamu juga bisa tambahkan potongan pisang pada oatmeal atau mengolah pisang menjadi pancake.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan pisang sebagai masker wajah untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat dan melembabkan kulit. Caranya mudah, hancurkan pisang, kemudian tambahkan madu, dan kunyit. Diamkan 10 hingga 15 menit, lalu cuci dengan air dingin dan keringkan wajah.

Lebih baru Lebih lama