Jangan Lengah, WHO Tetapkan Omicron sebagai Varian Baru Covid-19 yang Sangat Mengancam!

 Jangan Lengah, WHO Tetapkan Omicron sebagai Varian Baru Covid-19 yang Sangat Mengancam!o

BEGINI.ID - Meredanya kasus aktif positif Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat bereuphoria. Terlebih, banyak masyarakat yang sudah melakukan vaksin.

Meski begitu masih banyak masyarakat yang belum melakukan vaksin dan giat vaksin pun terus digalakkan. Alih-alih herd immunity belum tercapai, kabarnya varian baru Covid-19 sudah ditetapkan?

WHO Tetapkan Omicron Sebagai Varian Baru Covid-19

Varian Baru Covid Omicron
WHO Tetapkan Omicron Sebagai Varian Baru Covid/Pexels/CDC

Varian Omicron (B.1.1.529) berasal dari Afrika Selatan. Virus Corona varian ini pun ditetapkan oleh WHO (World Health Organization) menjadi varian yang paling meresahkan atau VOC (variant of concerns).

Tidak berbeda dari varian Delta, Omicron digadang-gadang lebih meresahkan dan lebih dominan secara global dibanding varian sebelumnya yang lebih lemah, yaitu Alpha, Beta, dan Gamma. WHO juga menegaskan varian masih diperlukan waktu beberapa minggu dalam melakukan studi Omicron mempelajari perubahan dan penularan.

Penelitian Covid
Penelitian Varian Baru Covid-19/Pexels/Tima Miroshnichenko

Dilansir dari detikNews, WHO juga hendak meneliti mengenai analisa tingkat keparahan, tes, implikasi, dan keparahan Covid-19. Dilaporkan WHO langsung dari Afrika Selatan, pada 9 November 2021 infeksi varian Omicron terkonfirmasi pertama kali setelah dikumpulkannya spesimen. 

Tidak hanya itu, WHO juga menyatakan Covid-19 varian Omicron memiliki sejumlah mutasi besar, parahnya beberapa di antaranya sangat mencemaskan. Bahkan sebelumnya ditegaskan bahwa varian ini merupakan gabungan dari varian-varian sebelumnya.

Melansir dari CNBC Indonesia, Varian Omicron bahkan mampu menyerang masyarakat yang sudah terinfeksi sebelumya. Selain itu Omicron juga akan menyerang sistem imun tubuh masyarakat. Varian baru ini bahkan berdampak pada efikasi vaksin karena 30 mutasi pada varian ini bekerja di spike protein, sementara vaksin biasanya bekerja pada spike protein.


Produsen Vaksin Meneliti Varian Baru Covid
Produsen Vaksin Meneliti Varian Baru Covid/Pexels/Polina Tankilevitch

Beberapa produsen vaksin pun seperti Astrazeneca dan Moderna sedang meneliti varian baru ini. Selain Afrika Selatan, varian Omicron ini sudah ditemukan di beberapa negara besar, seperti Eropa, Hongkong, dan Belgia. Beberapa negara bahkan sudah membatasi perjalanan internasional, termasuk Indonesia.

Nah, Beauties kemunculan varian baru Covid-19 ini diharapkan menjadi perhatian khusus untuk kita meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai euphoria kita saat ini menjerumuskan kita dengan menghambat usainya pandemi di negeri ini. Ikuti program vaksin tang sudah dicanangkan pemerintah dan tetap patuhi protokol kesehatan ya, Beauties. Ingat jangan sampai lengah dan jaga kesehatan selalu ya!

Lebih baru Lebih lama