Ada Tomat dan Roti, 6 Makanan Ini Ternyata Tidak Seharusnya Disimpan dalam Kulkas

 Ada Tomat dan Roti, 6 Makanan Ini Ternyata Tidak Seharusnya Disimpan dalam Kulkas


BEGINI.ID - Kehadiran kulkas ataupun lemari es memang dianggap mampu membantu menyimpan makanan agar lebih awet dan tetap segar. Namun nyatanya, terdapat berbagai jenis bahan makanan yang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas.

Hal ini terkait dengan perubahan rasa, tekstur dan tidak menutup kemungkinan juga untuk memengaruhi kandungan yang ada di dalamnya. Dikutip dari Chatelaine, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Tomat

Tomat/ Foto: Freepik.com
Tomat/ Foto: Freepik.com

Bahan makanan pertama yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas adalah tomat. Mengapa? Karena menyimpan tomat di dalam kulkas bisa menyebabkan kehilangan rasa dan perubahan tekstur menjadi seperti tepung.

Jika sudah terlanjur memasukkannya ke dalam lemari es, maka biarkan kembali ke suhu ruangan untuk mendapatkan kembali rasa sebelum digunakan.

Kentang 

Kentang/ Foto: Freepik.com
Kentang/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya ada kentang yang apabila disimpan pada suhu dingin dapat mengubah tepung kentang menjadi gula. Pada akhirnya hal ini bisa mempengaruhi rasa dan cara memasaknya.

Oleh karenanya disarankan untuk menyimpan kentang di tempat yang gelap dan tidak terlalu hangat ataupun dingin. Suhu yang terlalu hangat bisa menyebabkan kentang bertunas dan membusuk lebih cepat.



Roti

Roti/ Foto: Freepik.com
Roti/ Foto: Freepik.com

Ternyata roti juga tidak sebaiknya disimpan di dalam kulkas, lho. Hal tersebut dikarenakan menyimpan roti di kulkas membuatnya lebih cepat basi. Hal ini biasanya disebut dengan retrogradasi pati.

Sebaiknya simpanlah roti di dalam kotak ataupun kantong kertas yang terbaik guna menjaganya tetap segar selama beberapa hari.

Pisang

Pisang/ Foto: Freepik.com
Pisang/ Foto: Freepik.com

Bahan makanan berupa pisang juga tidak sebaiknya disimpan di dalam kulkas apabila ingin membuatnya matang. Jika ingin mematangkan pisang, maka sebaiknya simpan di dalam konter dan apabila sudah matang baru dimasukkan ke dalam kulkas, untuk menahannya dari kondisi terlalu matang.

Bawang

Bawang/ Foto: Freepik.com
Bawang/ Foto: Freepik.com

Sama hal nya seperti kentang, pati yang ada di dalam bawang akan berubah menjadi gula ketika dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini diikuti dengan komposisi yang berubah dan akhirnya tekstur menjadi lunak ataupun lembek.

Sebaiknya simpanlah bawang di dalam kantong jaring dan di tempat kering yang sejuk dan berventilasi.


Minyak Zaitun

Minyak zaitun/ Foto: Freepik.com
Minyak zaitun/ Foto: Freepik.com

Minyak zaitun juga tidak seharusnya disimpan di dalam kulkas karena dapat merusak minyak itu sendiri. Biasanya hal tersebut ditandai dengan tekstur yang mengeras. Untuk mengembalikannya, silakan simpan kembali ke suhu kamar untuk selanjutnya dapat digunakan.

Lebih baru Lebih lama