Perut Anak Kembung? Begini Cara Penanganannya

 


BAGINI.ID: Anak anada rewel dan kerap merengek-rengek? Tidak mau makan dan tidak mau minum susu? Coba ketuk perutnya dengan pelan, bisa jadi anak anak anda sedang mengalami Perut Kembung.

Kalau memang perutnya berbunyi seprti ada angin di dalamnya, kemungkinan besar memang anak anda sedang mengalami perut kembung. Kondisi ini memang sangat idak nyaman bagi anak-anak, terlebuh mereka yang masih berusia di bawah lima tahun atau Balita.

Seorang ibu harus mempu mengatasi perut kembung yang dialami oleh anaknya. Kalau tidak, maka anak akan terus rewel dan merengek-rengek, sementara nafsu makannya menghilang, dan ini tenu akan berdampak sangat tidak baik agi kesehatan si buah hati


Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Penyebab perut kembung ada anak biasanya disebabkan oleh bertumpuknya gas atau udara yag terlalu banyak di saluran pencernaan anak. Hal ini terjadi karena terlalu banyak menelan udara, ketika makan. Atau mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menimbulkan gas auat udara pada saat dicerna di dalam tubuh.

Penyebab lainnya bisa diakibatkan tinja sudah terlalu lama berada di luar usus besar, sehingga bakteri yang terus mengolah kotoran tersebut dan menimbulkan gas pada perut.


1. Jaga Anak Tetap Terhidrasi

Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan menjaga anak agar tetap terhidrasi. Ibu dapat memberikan teh hangat tanpa pemanis agar cairan pada tubuhnya tetap terjaga. Cara tersebut juga dapat menenangkan saraf yang sakit pada perut dan membantu untuk mengatasi udara yang terperangkap. Saat gangguan tersebut disertai dengan muntah, jangan berikan makanan yang padat dan lebih banyak berikan makanan yang cair hingga sakitnya mereda.


2. Gunakan Kompres Hangat

Ibu juga dapat menggunakan kompres hangat yang memang menjadi solusi paling aman dan efektif untuk dilakukan. Cara ini dapat memberikan bantuan cepat karena panas dapat mengendurkan otot dan meredakan sakit perut. Pastikan untuk menggunakan kain dan kompres hangat sebelum menempelkan botol yang sudah diisi cairan hangat. Jangan langsung menempelkan botol tersebut ke badan anak karena dapat menimbulkan dampak buruk.


3. Konsumsi Makanan Probiotik

Makanan probiotik juga dipercaya dapat efektif untuk meredakan perut kembung yang terjadi pada anak. Salah satu makanan probiotik yang dapat dikonsumsi adalah yoghurt, karena efektif meredakan diare dan kram. Selain itu, yoghurt juga mengandung banyak bakteri baik yang dapat menggantikan mikroba pada usus. Diharapkan, setelah konsumsi yogurt dapat membuat perut anak menjadi lebih tenang.


4. Pijat dengan Lembut

Ibu juga dapat mengatasi masalah perut kembung anak dengan cara memijat area perut agar dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area tersebut. Dengan begitu, saraf dan otot yang sakit akan menjadi lebih baik setelah mendapatkan pijatan lembut. Cobalah untuk memijat menggunakan telapak tangan dan jari-jari dan lakukan melingkar searah jarum jam di area pusar. Dengan memijat dari dagu ke bagian bawah perut, juga dapat meredakan nyeri.

Itulah beberapa cara yang dapat efektif untuk atasi perut kembung pada anak. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan anak kembali sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, jika gangguan tersebut terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter spesialis anak di Halodoc✔️ terkait cara yang efektif untuk atasi perut kembung pada anak. Dengan bertanya langsung pada ahlinya, ibu tidak perlu ragu lagi akan jawabannya sehingga dapat langsung dipraktekkan. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc ke smartphone yang digunakan!

Lebih baru Lebih lama