Yuk Kenalan dengan Vitamin B5 dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

 Yuk Kenalan dengan Vitamin B5 dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

BEGINI.ID - Vitamin merupakan salah satu kandungan yang banyak digunakan dalam produk skincareLadies pasti sering melihat skincare yang mengandung vitamin seperti vitamin C, vitamin E, hingga vitamin B3. Tapi apakah kamu familiar dengan vitamin B5 dalam skincare?

Nah, bagi kamu yang baru mengenal atau ingin tahu lebih dalam tentang vitamin B5, simak penjelasan yang dilansir dari Style Craze berikut.

Apa Itu Vitamin B5?

Vitamin B5 merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang berfungsi mengatur berbagai proses fisiologis dalam tubuh. Memiliki sifat larut air, Vitamin B5 alami bisa ditemukan pada telur, daging, susu, dan sayur-sayuran. 

Vitamin B5 juga dikenal sebagai pantothenic acid dan banyak digunakan pada obat-obatan dan suplemen kesehatan. Tak hanya itu, kandungan ini juga bisa ditemukan pada produk-produk perawatan kulit. Dalam produk-produk tersebut, Vitamin B5 biasanya ditulis dengan nama panthenoldexpanthenol, dan dl-panthenol.

Penggunaan Vitamin B5 dalam berbagai produk perawatan kulit dikarenakan vitamin ini memiliki sederet manfaat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari vitamin B5 bagi kulit.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit Lembap
Kulit Lembap/freepik.com

Vitamin B5 bekerja melembapkan kulit dengan cara mengunci kandungan air pada kulit. Kulit yang memiliki kandungan air cukup akan terjaga elastisitasnya serta terhindar dari kulit kering dan terkelupas. Kulit yang senantiasa lembap juga akan membantu skin barrier tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

2. Mencegah Inflamasi dan Kemerahan pada Kulit

Kulit Bersih dan Sehat
Kulit Bersih dan Sehat/pexels.com

Vitamin B5 juga memiliki sifat anti inflamasi dan mampu melindungi kulit dari kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, Vitamin B5 juga akan mencegah iritasi yang disebabkan oleh kandungan SLS yang biasa ditemukan pada produk skincare.


3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kulit Mulus Tanpa Bekas Luka
Kulit Mulus Tanpa Bekas Luka/freepik.com

Luka pada kulit seperti jerawat yang pecah maupun luka karena goresan, pasti membuatmu tak nyaman. Ditambah lagi, ketika luka sudah sembuh biasanya akan berbekas dan butuh waktu untuk dihilangkan.

Kalau kamu memiliki masalah ini, vitamin B5 bisa menjadi solusi karena dapat mendorong produksi kolagen. Sehingga baik luka ataupun bekasnya akan lebih cepat teratasi.

4. Kaya Akan Antioksidan

Kulit Cerah Bersinar
Kulit Cerah Bersinar/freepik.com

Antioksidan dibutuhkan oleh kulit sebagai penangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari, dan pola hidup tidak sehat. Kandungan antioksidan pada vitamin B5 akan membantu kamu menangkal radikal bebas. Hasilnya, bintik hitam pada kulit akan berkurang. Selain itu, antioksidan akan mengurangi produksi melanin sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

5. Memiliki Efek Anti Aging

Kulit Awet Muda
Kulit Awet Muda/pexels.com

Ketika membicarakan anti aging, biasanya yang terlintas di benak adalah anti aging populer seperti retinol, peptide, dan niacinamide. Tapi, tahukah kamu kalau vitamin B5 juga memiliki kemampuan anti aging

Vitamin B5 dapat mendorong produksi sel fibroblas pada lapisan kulit tengah, yaitu lapisan tempat terbentuknya kerutan. Sel fibroblas merupakan sel yang berperan dalam menghasilkan kolagen, glikan, dan elastin yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit agar selalu tampak muda.

Lebih baru Lebih lama