3 Hal yang Perlu Diingat untuk Kamu yang Lagi Merasa Tidak Cantik dan Insecure

 3 Hal yang Perlu Diingat untuk Kamu yang Lagi Merasa Tidak Cantik dan Insecure

BEGINI.ID - Ada kalanya mood seseorang naik turun begitu saja. Kadang kamu merasa bersemangat bahkan merasa sangat cantik, tapi ada kalanya pula, kamu merasa insecure.

Yups, insecure adalah istilah yang cukup umum baru-baru ini. Istilah tersebut menggambarkan perasaan tidak aman sehingga seseorang menjadi gelisah, takut, malu dan tidak percaya diri.

Jika kamu aktif di media sosial, sering buka Instagram, TikTok serta aplikasi serupa lainnya, tanpa disadari rasa insecure mudah muncul. Lalu apa yang harus dilakukan ketika kamu sedang merasa tidak cantik atau insecure dengan fisik?

Ladies, Tak Masalah Jika Saat ini Kamu Merasa Sedang Tidak Cantik

menghilangkan rasa insecure
menghilangkan rasa insecure/freepik.com

Bukan mengajak kamu memandang segala sesuatu melalui visual semata, maupun menghiraukannya. Tapi, langkah pertama yang kamu perlu lakukan adalah menyadari dan mencoba menerima perasaanmu saat ini, apa adanya.

Dengan menerima perasaan dan kondisi yang sedang kamu alami itu, kamu akan merasa lebih lega, terbuka, dan tidak menyalahkan diri sendiri. Selanjutnya tinggal bagaimana kamu belajar menerima dan mengapresiasi apa yang sudah kamu miliki.

Stop Membandingkan Diri Kamu dengan Orang Lain

menghilangkan rasa insecure
menghilangkan rasa insecure/freepik.com

Perlu kamu ingat bahwa membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk mengoreksi diri. Hal tersebut malah membuat kamu menjadi kehilangan kepercayaan diri dan semakin terpuruk.

Kamu adalah kamu dengan kekurangan serta kelebihanmu. Kamu hanya perlu memaksimalkan apa yang kamu punya saat ini. Kamu hanya perlu rajin berolahraga dan merawat kulit wajah agar terlihat fresh dan sehat, Ladies.

Cobalah berhenti terlalu fokus pada media sosial yang tampak indah di luarnya. Berhenti fokus dengan kehidupan orang lain agar kamu tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan seseorang yang tidak kamu kenal, bahkan hanya kamu lihat dari dunia maya saja.

Sebaliknya, bandingkanlah dirimu yang hari ini dengan dirimu yang kemarin. Dan perhatikan kemajuan setiap harinya yang sedang mau kamu capai.


Hindari Orang-orang yang Membuatmu Insecure

menghilangkan rasa insecure
menghilangkan rasa insecure/freepik.com

Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan menghindari orang-orang yang kerjaannya membuat kamu insecure. Jauhi teman ataupun pasangan toxic yang sering kali melontarkan komentar negatif dengan seenaknya.

Komentar-komentar yang tidak membangun namun cenderung menjatuhkan, hanya akan membuat dirimu semakin tidak bisa melihat sisi positif dan kelebihan dari diri sendiri. Sebaiknya mulai temukan lingkungan pertemanan yang bisa mendukungmu dan memberikan respon positif.

Lebih baru Lebih lama