Jangan Dibiasakan! Ini 5 Bahaya Sikap Enggak Enakan Bagi Kesehatan Mentalmu

 Jangan Dibiasakan! Ini 5 Bahaya Sikap Enggak Enakan Bagi Kesehatan Mentalmu

BEGINI.ID - Enggak enakan adalah salah satu sifat yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Mereka yang memiliki sifat ini disebut sebagai "people pleaser". Pada dasarnya, sifat ini memang baik. Sebab, mereka yang memiliki sifat ini akan lebih memikirkan orang lain dibandingkan diri sendiri. Tapi, sifat ini bisa memberikan efek buruk lho, Beautynesian! Simak 5 diantaranya berikut ini.

Selalu Merasa Bersalah

Selalu merasa bersalah meskipun benar merupakan salah satu efek dari sifat enggak enakan.
Sedih/freepik.com

Selalu merasa bersalah meskipun benar merupakan salah satu efek dari sifat enggak enakan. Ketika menghadapi suatu masalah dengan orang lain, biasanya kamu akan memilih untuk mengalah saja. Hal ini dilakukan demi menghindari perselisihan. Padahal, sifat ini akan merugikanmu. Sebab, orang-orang bisa saja akan berbuat seenaknya terhadapmu.

Sering Pura-Pura Bahagia

Pernah enggak kamu menyembunyikan emosimu lantaran enggak ingin merusak mood orang lain? Ini juga merupakan salah satu efek dari sifat enggak enakan. Sifat ini akan membuatmu cenderung lebih mementingkan kebahagiaan orang lain. Lama-lama, kamu pun akan bersikap fake dan ragu untuk mengutarakan isi hatimu yang sebenarnya.

A

Tidak Memprioritaskan Diri

Seseorang yang enggak enakan pasti sering melewatkan kesempatan-kesempatan emas.
Sedih/freepik.com

Seseorang yang enggak enakan pasti sering melewatkan kesempatan-kesempatan emas. Mereka akan cenderung mundur hanya karena enggak enak dengan orang lain. Umumnya, mereka melakukan hal ini karena enggak ingin mendapat cap sebagai orang yang egois. Padahal, memprioritaskan diri itu penting lho. Jika kamu selalu seperti ini, kamu pun enggak akan bisa menjadi pribadi yang maju dan berkembang.

Takut Berkata "Tidak"

Ketika seseorang sudah terbiasa dengan sifat enggak enakan, pasti ia pun akan takut untuk berkata "tidak". Alhasil, kamu pun akan menjadi sasaran empuk bagi orang lain. Mereka pasti akan berpikir bahwa kamu akan mudah sekali memanfaatkanmu. Jika kamu enggak segera membenahi sifat ini, kamu pun akan kewalahan sendiri.

Tidak Yakin Pada Pendirian

Terakhir, sifat enggak enakan akan membuatmu sulit yakin pada pendirianmu sendiri.
Stres/freepik.com

Terakhir, sifat enggak enakan akan membuatmu sulit yakin pada pendirianmu sendiri. Akhirnya, kamu pun akan cenderung memilih ikut-ikut saja pada pendapat dan keputusan orang lain. Meskipun sebenarnya, kamu enggak menyukai keputusan atau pendapat tersebut. Selain itu, sifat enggak enakan juga akan membuatmu jadi ragu dengan kemampuanmu sendiri. Sehingga semua perasaan ini akan membuatmu sering membohongi diri sendiri.

Lebih baru Lebih lama