Tren Minuman Racikan "Proffee", Amankah Campuran Protein Bubuk dan Kopi?

 Tren Minuman Racikan

BEGINI.ID - Ide racikan kopi memang tidak pernah ada habisnya. Kali ini, muncul tren minuman baru, yaitu “proffee” atau protein coffee. Proffee dibuat dengan cara mencampurkan protein bubuk, kopi, dan beberapa bahan tambahan lainnya sesuai dengan selera masing-masing. Tren ini menjadi viral setelah beredar di TikTok tentang bagaimana membuat campuran kopi yang sehat dari salah satu produk kopi yang dibuat di coffee shop.

Sekilas, minuman ini mungkin terlihat seperti kopi pada umumnya dan rasanya pun tidak jauh berbeda. Namun, yang membuatnya viral yaitu karena racikan minuman ini disebut-sebut memiliki beberapa manfaat menakjubkan, seperti menurunkan berat badan, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan energi.

Lantas, apakah mencampur keduanya memang aman dan akan menghasilkan banyak manfaat seperti yang telah disebutkan atau justru berbahaya untuk kesehatan?

Segelas proffee dingin/insider.com/Rachel Hosie
Segelas proffee dingin/insider.com/Rachel Hosie

Kopi dan protein bubuk ternyata merupakan perpaduan yang pas. Kandungan zat antioksidan dan protein dapat memberikan nutrisi yang baik untuk tumbuh. Melalui proffee, kamu bisa mendapatkan manfaat dari kedua zat tersebut dalam satu gelas saja.

Jika dikonsumsi dengan cara yang tepat, serta pemilihan kopi dan bubuk proteinnya tepat, maka proffee memang dapat menghasilkan manfaat seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Apalagi jika proffee ditambahkan dengan makanan yang memiliki nutrisi sehat lainnya seperti pisang, beri, dan kacang-kacangan.


Protein bubuk/unsplash.com
Protein bubuk/unsplash.com

Meskipun begitu, sayangnya proffee juga dapat menimbulkan beberapa masalah baru untuk kesehatan tubuh. Di dalam protein bubuk, terdapat pemanis tambahan dan biasanya dijadikan sebagai bahan utama. Pemanis tambahan yang ada di protein bubuk bisa mencapai hingga 5 sendok teh untuk setiap takaran 1 sendok makan.

Sementara, proffee seringkali dibuat dengan menambahkan bahan lain seperti susu, sirup, gula, dan coklat untuk menambah cita rasa. Menambahkan lebih banyak lagi pemanis dapat meningkatkan risiko diabetes.

Mengutip dari Insider, ahli diet dan ahli gizi, Bonnie Taub-Dix, memperingatkan bahwa kombinasi kafein dan pemanis buatan dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan.

Proffee bisa diminum secara teratur di waktu-waktu tertentu, namun tidak untuk dijadikan sebagai pengganti makan. Dilansir dari HuffPost, ahli diet, Kimberly Rose Francis, mengatakan bahwa proffee kekurangan vitamin, mineral, dan serat. Maka dari itu, proffee tidak bisa dianggap sebagai minuman yang lebih bergizi dan bisa menggantikan makanan.

Untuk itu, jika kamu ingin tetap mengkonsumsi proffee, pastikan untuk selalu cek terlebih dahulu tabel informasi nilai gizi yang terdapat di produk kopi atau protein bubuk. Ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi proffee dan bukan mendapat bahayanya.


Lebih baru Lebih lama