Jangan Judgmental! Pahami Bahwa Semua Orang Bisa Insecure

 Jangan Judgmental! Pahami Bahwa Semua Orang Bisa Insecure

BEGINI.ID - Rasa insecure bisa menyerang siapa saja, tanpa pandang bulu. Hal tersebut membuat seorang perempuan menjadi gak percaya diri bahkan merasa cemas berlebihan entah karena penilaian orang lain atau bahkan karena preferensi pribadi terhadap standar penampilan yang menarik bagi diri sendiri. Merasa kurang cantik, kurang menarik, agak gemuk, berjerawat, atau penampilan fisik lainnya tak jarang membuat beberapa perempuan mengalami gangguan kecemasan dan frustasi.

Saat Rasa Insecure Dianggap Nggak Valid

orang yang dianggap sempurna malah dipojokkan
rasa insecure dianggap ga valid saat kamu dianggap sempurna / unsplash.com

"Dia mendapat perhatian semua orang saat dia berjalan ke dalam ruangan, kenapa dia harus insecure?"

Rasa insecure dari orang yang dianggap sudah 'sempurna' cenderung mendapat stigma negatif dan malah disudutkan. “Emang mau kaya gimana lagi sih?”, seakan-akan rasa insecure mereka nggak valid dan malah dianggap caper atau hanya haus akan pengakuan. Padahal, sekelas Victoria Secret's Angel aja masih bisa merasa insecure kok. 


Malah Dibanding-bandingkan

malah menjadi ajang perbandingan
dibandingkan dengan yang lain / freepik.com

Orang yang dianggap cantik, ketika dia insecure, bukannya diberi dorongan dan semangat malah dipojokkan dan disuruh bersyukur. Well, kalo menyinggung masalah bersyukur seharusnya semua orang enggak berhak insecure. Sebab, di atas langit masih ada langit dan selalu ada yang lebih daripada yang lebih. 

"Segitu gendut, gue yang hampir 70 kg apaan? Bikin orang tambah insecure aja"  Padahal banyak juga orang yang beratnya di atas 70 kg dan bahkan lebih berat dari itu. "Segitu jerawatan, gue jerawat se-pipi gini apaan?" Padahal ada yang lebih struggling bahkan hopeless buat survive sampai bertahun-tahun.

Sudut Pandang yang Berbeda

perempuan melihat yang gak dia lihat
Melihat sesuatu yang gak dilihat / unsplash.com

"When a woman looks in the mirror, she doesn’t see everything you see, she sees everything she’s not."

Cantik di mata orang lain belum tentu cantik menurut diri sendiri. Kalaupun begitu, memangnya orang cantik gak boleh insecure? Padahal, being pretty doesn't mean you are confident. Seperti  apa yang dikatakan Victoria Secret' Angel, "Setiap orang mungkin mempunyai rasa insecure-nya sendiri, bahkan kami pun bisa merasa insecure! Nggak papa, ayo gunakan rasa insecure itu untuk menjadi lebih kuat."

Nggak apa-apa kalau kamu merasa insecure, hanya saja jangan pernah membandingkan dan menyalahkan rasa insecure-mu itu terhadap orang lain. Cause everyone you meet is fighting a battle you know nothing about, be kind, always.

Lebih baru Lebih lama