Kiat Menyeimbangkan Emosi Agar Terhindar dari Emotional Sponge

 Kiat Menyeimbangkan Emosi Agar Terhindar dari Emotional Sponge

BEGINI.ID - Nenyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge adalah sebuah keharusan demi kesehatan mental, apalagi selama pandemi seperti saat ini, Beauties. Yup, buat kamu tipe orang yang sangat sensitif, tentu akan lebih mudah mengalami emotional sponge saat mendengar kabar kurang mengenakan selama pandemi.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa membuat kamu merasa kewalahan hingga depresi lho. Lantas, bagaimana cara menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge? Dilansir dari Huffpost, berikut 4 kiat yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge:


Luangkan Waktu untuk Sendirian

Menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge
Menyeimbangkan emosi dengan menyendiri/ Foto: Freepik.com

Kiat menyeimbangkan emosi yang pertama adalah meluangkan waktu untuk diri kamu sendiri. Alihkan segala perhatian dan pikiran kamu dengan kegiatan yang bisa menenangkan, misalnya seharian nonton variety show Korea di Netflix, olahraga, mendengarkan musik, melukis, atau beristirahat.

Jadi, jika kamu sudah mulai merasakan adanya tekanan emosional dalam diri, secepatnya meluangkan waktu untuk menyendiri dengan melakukan kegiatan atau aktivitas yang menenangkan.

Meditasi

Menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge
Menyeimbangkan emosi dengan meditasi/ Foto: Freepik.com

Melakukan meditasi setiap hari adalah pilihan terbaik agar kamu terhindar dari emotional sponge. Luangkanlah waktu beberapa menit untuk melakukan meditasi, misalnya di pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain. Ditambah udara pagi yang segar semakin membuat kamu tenang melakukan meditasi.

Kontrol Kepekaan Terhadap Orang Lain

Menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge
Menyeimbangkan emosi dengan mengontrol kepekaan/ Foto: Freepik.com

Seseorang yang mudah mengalami emotional sponge biasanya memiliki kepekaan yang cukup tinggi terhadap orang lain. Akibatnya mereka terlalu berlebihan memberikan empati kepada orang lain, kemudian menyerap emosi atau stres yang dirasakan oleh orang tersebut.

Oleh sebab itu, mengontrol kepekaan terhadap orang lain harus segera dilakukan demi menjaga kesehatan mental kamu, Beauties. Jadi, jangan pernah takut untuk menolak permintaan orang lain yang terlalu memberatkan kamu dengan mengatakan “tidak”.

Menjauhi Hal-hal yang Mengganggu

Menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge
Menyeimbangkan emosi dengan menjauhi hal-hal yang sifatnya mengganggu/ Foto: Freepik.com

Kiat terakhir untuk menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge adalah menjauhi hal-hal yang sifatnya mengganggu kamu. Misalnya kabar kurang mengenakan selama pandemi, teman kerja yang toxic, teman kuliah yang selalu minta tolong untuk tugas kuliah, dan lainnya. Fokuslah untuk diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan serta tidak menguras tenaga, pikiran, dan emosi.

Nah, itulah 4 kiat menyeimbangkan emosi agar terhindar dari emotional sponge. Kesimpulannya, berempati kepada orang lain memang tidak salah, jika kamu melakukannya tidak berlebihan.

Namun, ketika kamu sudah merasakan adanya tekanan emosional, segeralah melakukan empat kiat di atas agar terhindar dari emotional sponge.

Lebih baru Lebih lama