Stop Beri Saran Saat Nggak Diminta, Biasanya Sering Terjadi Pas Sesi Curhat! Ini Lho Alasannya

 Stop Beri Saran Saat Nggak Diminta, Biasanya Sering Terjadi Pas Sesi Curhat! Ini Lho Alasannya

BEGINI.ID - Tahukah kamu, memberi saran kepada orang yang tidak memintanya termasuk perbuatan yang nggak menyenangkan?

Rasa ingin membantu teman yang lagi kesusahan adalah hal yang baik, tapi kamu juga perlu menahan diri dari buru-buru melontarkan aneka nasihat, Beauties!

Kenapa Beri Nasihat yang Nggak Diminta adalah Ide yang Buruk?

Ya, mengutip dari laman PsychCentral, memberi saran ketika memang diminta maka hal itu bisa sangat membantu, tetapi bila yang terjadi sebaliknya (unsolicited advice) itu sudah lain cerita.

Bahkan berulang kali memberi nasihat yang mana tidak diminta, berkontribusi terhadap memburuknya sebuah hubungan dengan orang lain. Hal ini juga dinilai tidak sopan dan lancang. Selain itu juga meninggalkan kesan superior bahwa pemberi nasihat terkesan tahu apa yang paling benar.


Ilustrasi bunda stres dan lelahIlustrasi capek mendengar nasihat yang nggak diminta./ Foto: Thinkstock/detikcom

Mungkin maksud kamu baik, tapi nyatanya, nasihat yang nggak diminta lebih cenderung terkesan mengritik ketimbang membantu. Selain itu, hal ini juga dapat melemahkan kemampuan orang untuk mencari tahu solusi dari masalahnya sendiri.

Tapi nggak cuma temanmu yang merasa ada yang aneh saat diberi nasihat yang nggak diminta. Hal buruk pun bisa terjadi pada si pemberi nasihat (yang nggak diminta). Di antaranya merasa kesal dan sakit hati, ketika nasihatnya nggak diterapkan.

Yang Bisa Dilakukan Saat Teman Curhat

Dengan kata lain, kamu perlu mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Bila ada teman atau pasangan yang bercerita, ingatlah itu tidak serta-merta membuatmu berpikir dia butuh solusi dari kamu.

Biasanya, orang hanya ingin didengarkan dan dimengerti, ingin memproses yang lagi terjadi padanya, juga mendapat dukungan. Mereka biasanya juga nggak ingin mendengar hujanan nasihat.

Bila kamu ingin menyampaikan pendapatmu atau saran, kamu bisa meminta izin terlebih dulu, apakah dia memang terbuka untuk saran atau sebuah pandangan baru atau tidaknya.


Foto: Perempuan yang Kesal/freepik.comIlustrasi kesal karena mendapat nasihat yang nggak diminta. /Foto: freepik.com

Bila Kamu Terkena Unsolicited Advice

Nah, bila posisinya kamu yang lagi capek dengan aneka nasihat yang nggak diminta, sebaiknya utarakanlah perasaan keberatanmu itu dengan baik. Kamu bisa mengatakan:

"Aku tahu maksud kamu baik, tapi saat ini aku lagi nggak ingin dengar hal-hal itu dulu."

"Saat ini aku hanya ingin kamu duduk di dekatku dan mendengar semua keluh-kesah ini, itu aja."

"Aku tahu kamu peduli, tapi kalau kamu mengulang-ulang hal tersebut, aku malah menjadi kesal. Aku akan beri kabar kalau memang aku ingin dibantu."

"Lagi nggak mau membahas hal itu dulu sekarang ini."

Lebih baru Lebih lama