Tanda Kamu Punya Kemampuan Berpikir Kritis, Salah Satunya Suka Menganalisis Banyak Hal

 Tanda Kamu Punya Kemampuan Berpikir Kritis, Salah Satunya Suka Menganalisis Banyak Hal

BEGINI.ID - Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan, terlebih lagi untuk zaman sekarang ini. Kamu yang memiliki kemampuan berpikir kritis jadi mampu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda, menemukan banyak solusi untuk masalah yang terjadi dan menyelesaikannya lebih cepat.

Dengan kemampuan berpikir kritis kamu akan meningkatkan fleksibilitas kognitif sehingga lebih potensial dalam menggapai tujuan. William Hughes pernah berkata "jika kita tidak siap untuk berpikir untuk diri kita sendiri dan berusaha belajar bagaimana melakukannya dengan baik, kita akan selalu berada dalam budak ide dan nilai orang lain.," dikutip dari All Womens Talk.

Ternyata seseorang yang memiliki kumpulan berpikir kritis bisa dilihat dari tanda-tanda sebagai berikut:

Dapat Menghargai Orang yang Berbeda Pendapat

Kemampuan berpikir kritis menghargai orang lain/ Foto: Freepik.com
Kemampuan berpikir kritis menghargai orang lain/ Foto: Freepik.com

Salah satu tanda paling jelas bahwa kamu adalah seorang pemikir kritis adalah kemampuanmu untuk melakukan percakapan rasional dengan orang-orang yang tidak sependapat dengan kamu. Kamu tidak akan marah ketika orang lain memiliki pandangan yang berbeda.

Kamu tidak takut berdebat sehat dan sangat menghargai argumen yang bagus. Kamu juga tidak akan membiarkan emosi mempengaruhi penilaian kamu dan kamu tidak malu untuk mengakui kesalahan.


Mendapatkan Informasi dari Berbagai sumber

Mencari informasi dari banyak sumber/ Foto: Freepik.com
Mencari informasi dari banyak sumber/ Foto: Freepik.com

Seorang pemikir kritis tidak akan mengutip informasi dari satu sumber saja. Hal itu dikarenakan, seorang pemikir kritis menganggap bahwa untuk mendapatkan gambaran yang jelas tidak cukup hanya dari satu sumber.

Pemikir kritis mengetahui lebih banyak hal dengan melihat pendapat orang lain dari berbagai sumber. Kemudian hal ini akan membantu seseorang pemikir kritis untuk bisa membangun perspektif yang berbeda.

Banyak Bertanya

Banyak bertanya tanda pemikir kritis/ Foto: Freepik.com
Banyak bertanya tanda pemikir kritis/ Foto: Freepik.com

Tanda yang tidak kalah penting untuk menggambarkan seorang pemikir kritis adalah kecenderungannya untuk banyak bertanya. Adapun alasan yang melandasi hal tersebut adalah rasa keingintahuan yang tinggi. Seorang pemikir kritis ingin mengetahui semua sisi dari satu cerita. Setelah mendapatkan banyak jawaban, barulah seorang pemikir kritis akan membentuk opini terbaiknya. Kamu sering melakukan hal itu nggak, nih?


Banyak Menganalisis Masalah

Pemikir kritis menganalisis banyak masalah/ Foto: Freepik.com
Pemikir kritis menganalisis banyak masalah/ Foto: Freepik.com

Tahukah kamu Beauties bahwa seorang pemikir kritis sering merasa perlu untuk menganalisis hal-hal, hingga secara berlebihan terutama yang tidak terlalu rumit. Jika kamu memiliki kecenderungan untuk mengubah masalah kecil menjadi lebih besar dan selalu mencari solusi berbeda untuk semua hal, maka kemungkinan kamu adalah seorang pemikir kritis.

Ingatlah bahwa tidak semua hal itu rumit. Jika kamu biasanya mencari soal kompleks untuk berbagai masalah, maka kamu harus tahu bahwa solusi terbaik adalah yang sederhana.

Mengandalkan Diri Sendiri

Tanda memiliki kemampuan berpikir kritis/ Foto: Freepik.com
Tanda memiliki kemampuan berpikir kritis/ Foto: Freepik.com

Apabila kamu seorang pemikir kritis, biasanya kamu memiliki kecenderungan untuk mencari perfeksionis dan berharap terlalu banyak pada diri sendiri. Ingatlah bahwa kamu merupakan seorang manusia yang juga berarti kamu memiliki kekurangan.

Kamu tidak bisa selalu benar meskipun kamu sudah memiliki banyak informasi dan objektif dalam berusaha. Cobalah untuk mempunyai lebih banyak kesabaran dan lepaskanlah kebutuhan akan kesempurnaan.

Lebih baru Lebih lama