Ingin Mandiri Secara Finansial di Usia Muda? Ngak Susah, Yuk Ikuti 4 Tips Jitu Ini!

 Ingin Mandiri Secara Finansial di Usia Muda? Ngak Susah, Yuk Ikuti 4 Tips Jitu Ini!

BEGINI.ID - Mandiri secara finansial memiliki definisi yang cukup luas dan beragam. Namun umunya, mandiri secara finansial adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan dan mengelola uang tanpa lagi bergantung kepada orang lain, seperti orang tua atau pasangan.


Tidak hanya bagi pria, perempuan pun sejatinya harus bisa mandiri secara finansial. Ketika kamu mampu menghasilkan uang sendiri dan tidak lagi bergantung pada orang lain, ini artinya kamu bisa lebih bebas dalam menentukan keputusan-keputusan yang ingin diambil dalam hidup. Kamu juga bisa menjadi sosok yang dapat diandalkan, tidak hanya bagi orang terdekat, namun diri sendiri.

Namun, mandiri secara finansial bukanlah hal yang bisa terjadi begitu saja. Dibutuhkan perencanaan yang matang dan dan persiapan sedini mungkin. Jadi, jika kamu ingin jadi perempuan yang mandiri secara finansial di usia muda, yuk coba terapkan tips di bawah ini!


Menentukan Arti Mandiri Secara Finansial

Deretan zodiak yang paling kreatif dan jago cari uang, kamu termasuk?/Pexels.com/Andrea PiacquadioTips mandiri secara finansial di usia muda untuk perempuan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio



Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, definisi mandiri secara finansial ini sebenarnya cukup luas dan tergantung kepada masing-masing individu.

Bagi sebagian orang, mandiri secara finansial tidak hanya memiliki penghasilan sendiri dan tidak lagi bergantung pada orang lain, tetapi juga memiliki tabungan pada nominal tertentu, investasi, aset, dana pensiun, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kamu perlu menentukan arti dari mandiri secara finansial, barulah kamu bisa menentukan rencana dan langkah yang harus dijalankan ke depannya.




Membuat Rencana dan Tujuan

Membuat rencana keuanganMembuat rencana dan tujuan keuangan/Foto: Freepik



Setelah memiliki arti mandiri secara finansial versi dirimu, kamu bisa membuat rencana keuangan yang jelas atau langkah-langkah yang diambil serta tujuan yang ingin dicapai, baik jangka pendek, menengah, dan panjang.

Sebagai contoh untuk jangka pendek, setelah 1 atau 2 tahun bekerja, mungkin kamu ingin memiliki tabungan dengan nominal sekian agar bisa mencapai tujuan A dan B. Ketika kamu sudah merencanakan keuangan dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mengalokasikan uang yang kamu terima dan mengatur budget.

Menabung dan Investasi

Hindari kebiasaan menunda untuk menabung. Segeralah menyisihkan uang setelah mendapatkan gaji.Tips mandiri secara finansial di usia muda untuk perempuan/Foto: Freepik

Bisa dibilang, menabung adalah hal yang paling krusial jika ingin mandiri secara finansial. Pasalnya, seringkali gaji yang diterima hanya 'numpang lewat' di akhir bulan karena tidak ada perencanaan keuangan yang jelas. Akibatnya, menabung hanyalah angan-angan semata.

Lantas, berapa persen yang harus ditabung dari gaji yang diterima? Sebenarnya, setiap orang memiliki angka yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan pemasukan. Namun melansir dari detikFinance, idealnya minimum uang yang harus disisihkan untuk tabungan dan investasi adalah 10 hingga 15 persen dari penghasilan.

Psst, selain menabung, investasi juga bisa menjadi pilihan untuk bisa mandiri secara finansial sedini mungkin, lho! Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari reksa dana, saham, deposito, dan lainnya.

Menyiapkan Dana Darurat

Cek dana daruratSiapkan dana darurat/Foto: Pexels

Dana darurat dan tabungan adalah dua hal yang berbeda. Dana darurat adalah dana yang dialokasikan khusus untuk digunakan saat kondisi darurat dan terdesak. Contohnya ketika di PHK, sakit yang membutuhkan biaya besar, hingga anggota keluarga yang meninggal. Kondisinya bermacam-macam, namun yang jelas membutuhkan dana yang bisa digunakan saat sedang terdesak.

Berapa besar dana darurat yang harus dipersiapkan? Umumnya 3, 6, atau 12 kali lipat dari pemasukan yang diterima setiap bulan. Namun kembali lagi, angka tersebut harus disesuaikan dengan kondisi kamu ya, Beauties!

Lebih baru Lebih lama