Masih Banyak Dilakukan, 3 Kebiasaan Ini Pemicu Besar Datangnya Rambut Rontok

 Masih Banyak Dilakukan, 3 Kebiasaan Ini Pemicu Besar Datangnya Rambut Rontok

BEGINI.ID - Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sangat menjengkelkan dan dapat dialami oleh siapa saja. Sedikit kerontokan rambut adalah hal biasa, tetapi jika mulai rontok secara berlebihan tentunya akan membuat kamu merasa jengkel.

Apalagi saat kamu menemukan beberapa helaian rambut yang tercecer di lantai dan penjuru kamar maupun rumah. Kamu mungkin akan mencari tahu apa penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab rambut rontok parah, seperti disebabkan oleh penyakit, stres, penurunan berat badan, pengobatan, maupun kekurangan zat besi.

Selain beberapa hal di atas, kebiasaan-kebiasaan sepele yang kamu lakukan ini ternyata tanpa disadari juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. 

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat terlalu kencang
Mengikat rambut terlalu kencang / pexels.com / cottonbro

Bagi sebagian orang yang memiliki rambut cukup panjang, mengikat rambut menjadi salah satu solusi menata rambut yang paling simple. Namun, meskipun simple, terlalu sering mengikat rambut ternyata dapat berakibat buruk pada kesehatan rambut kamu loh, beauties. Apalagi jika kamu mengikatnya terlalu kencang.

Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat rambut kesulitan bernapas dan membuatnya stress serta dapat merusak folikel rambut. Sehingga, kondisi tersebut pada akhirnya dapat memicu munculnya kerontokan. Oleh karena itu, alih-alih mengikat rambut kamu dengan kencang, gunakan kepang yang rendah dan longgar. Kamu juga bisa mengganti ikat rambutmu dengan jedai rambut untuk mengurangi potensi rambut rontok.

Keramas dengan Air Panas

mandi air panas
mandi air panas / freepik.com / jcomp

Mandi air panas dan uap dapat menyebabkan dehidrasi rambut. Hal ini membuat rambut kamu mudah patah dan rontok karena mengikis elemen penting yang terdapat di kulit kepala yang diperlukan untuk perkembangan rambut. Air panas dapat membuat kulit kepala dan rambut kamu kering yang kemudian memicu peningkatan produksi sebum sehingga rambut jadi cepat lepek.

Selain itu, keramas menggunakan air panas dapat  merusak protein rambut yang menyebabkan rambut kusam, kering, dan kusut. Maka dari itu, jika kamu sangat ingin mandi dengan air panas, usahakan agar waktu mandi kamu nggak lebih dari 10 menit. Lalu, bila sudah selesai bilas rambut kamu dengan air dingin untuk membantu membuatnya berkilau dan sehat.


Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

menyisir rambut basah
menyisir rambut basah / freepik.com / freepik

Sepertinya kebiasaan ini paling sering dilakukan di antara kebiasaan yang lain. Banyak orang yang langsung menyisir rambutnya sesaat setelah keramas. Seperti yang kamu tahu, rambut basah jauh lebih rapuh dan mudah patah.

Kutikula pelindung saat rambut basah sedikit terangkat, itulah sebabnya jika kamu menyisir rambut dalam keadaan basah, ia cenderung lebih mudah rontok. Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko kerontokan, tunggulah beberapa saat hingga rambut kamu paling nggak setengah kering, sebelum menyisir rambut.

Lebih baru Lebih lama