Begini.ID Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Serba-Serbi Fiberglass Nails, Tren Manikur yang Lagi Hits

 Serba-Serbi Fiberglass Nails, Tren Manikur yang Lagi Hits

BEGINI.ID - Tren kecantikan fiberglass nails mencuri banyak perhatian di Instagram sejak awal 2021. Tak sedikit yang tertarik mencoba manikur unik ini.

Kamu tertarik juga? Atau bahkan baru tahu? Nah, simak serba-serbi lengkapnya di sini, yuk!

Tren lama yang diminati kembali

Fiberglass nails
Fiberglass nails/ Foto: Instagram.com/studiounhasporcarolina

Kamu mungkin lebih akrab mendengar fiberglass sebagai sesuatu yang berhubungan dengan bahan konstruksi, kolam renang, atau material untuk kendaraan. Namun demikian, bahan ini ternyata juga bisa mempermanis penampilan kuku.

Jika kamu belum pernah mendengar tentang fiberglass nails, kamu tidak sendiri. Kebanyakan salon saat ini memang tidak menawarkan perawatan tersebut. Fiberglass nails populer di tahun 1980-an lalu memudar kepopulerannya dan menghilang di tahun 2000-an. Namun, tren ini muncul kembali setahun belakangan.

Tren ini naik lagi ke permukaan melalui Instagram. Teknik pembuatannya yang unik menciptakan perasaan puas tersendiri. Sementara itu, berbeda dengan stiker kuku, hasilnya tampak alami bak kuku asli.


Cara Menggunakan Kuku Fiberglass

Proses pemakaian fiberglass nails
Fiberglass nails/ Foto: Instagram.com/nailsbyglendarocha

Seperti namanya, jenis manikur ini menggunakan bahan fiberglass, yaitu serat tipis seperti kain sutra yang biasanya dipisah jadi untaian kecil.

Proses pengaplikasiannya dimulai dengan mengoleskan lem resin di area kuku, menempelkan fiberglass, memotongnya sesuai panjang yang diinginkan, lalu menambahkan kembali perekat supaya kokoh. Setelah mengeras, ekstensi fiberglass kemudian dikikir dan dibentuk sesuai keinginan masing-masing. Untuk mendapat hasil yang lebih menarik, di akhir bisa menambahkan olesan cat kuku gel atau akrilik.

Jangan sampai salah memilih warna kuteks karena warna kutek untuk kulit gelap dan kulit yang terang tentunya berbeda. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan juga warna kuteks untuk remaja menjadi lebih light dan cheerful.

Untuk melepaskan manikur ini, rendam kuku dalam aseton. Biarkan selama beberapa menit sambil mengusapnya secara perlahan agar serat fiberglass dan lem meleleh sepenuhnya.

Kelebihan dan kekurangan

Fiberglass nails
Fiberglass nails/ Foto: Instagram/jessicavieiranails_

Karena bahannya tipis, kuku fiberglass kurang lebih hanya bertahan selama dua minggu. Kalau mau yang lebih tahan lama, gunakan akrilik yang bisa tahan hingga tiga minggu lebih. Manikur akrilik terbuat dari campuran polimer dan monomer yang mengeras.

Meski demikian, penampilan fiberglass nails kelihatan lebih natural jika dibanding ekstensi akrilik atau gel yang menimbulkan efek menonjol. Selain itu, fiberglass nails juga bisa jadi trik untuk menyempurnakan sudut kuku yang patah karena mampu membaur sempurna dengan kuku.

www.Begini.ID